Pernahkah anda merasa segala usaha telah diupayakan tapi keinginan tersebut belum tercapai ? atau hasil yang anda dapatkan tidak seperti yang anda harapkan ?. Jika hal tersebut menimpa anda, mungkin ada yang kurang dalam ibadah anda. Mungkin doa atau sholat sunnah jarang anda kerjakan. Ada baiknya anda tingkatkan lagi ibadah sholat sunnah tahajud anda. Sholat tahajud dianggap oleh umat Islam sebagai salah satu ibadah yang mampu mengabulkan doa kita. Hanya saja ibadah ini belum banyak dilakukan oleh sebagian muslim sebagai salah satu ibadah sholat sunnah yang rutin dilakukan.

Tata cara sholat tahajud yang benar dimulai dari kapan waktu kalian mengerjakannya. Sholat tahajud biasanya dilakukan oleh umat islam di sepertiga malam hari. Dalam islam waktu sepertiga malam bisa dibagi menjadi 3 waktu.

  • Sepertiga malam pertama terjadi antara pukul 20.30 sampai dengan 23.00.
  • Sepertiga malam kedua terjadi antara 23.00 sampai dengan 01.30.
  • Sepertiga malam ketiga terjadi antara pukul 01.30 sampai dengan waktu sholat subuh. Pada waktu sepertiga malam ketiga, sholat tahajud paling utama.

Adapun hukum sholat sunnah tahajud adalah sholat sunnah muakkad. Sunnah muakkad adalah sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim yang kekuatannya hampir mendekati wajib. Selama anda rutin melakukan sholat sunnah tahajud, ada manfaat yang anda dapatkan seperti dimudahkannya segala urusan dan doa yang anda panjatkan dalam sholat tahajud, pikiran anda akan lebih tenang, meningkatkan keimanan dan ketakwaan anda kepada Allah swt, dimuliakannya anda di tempat terpuji oleh allah swt dan dalam kesehatan, anda akan diberikan manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan terapi otot dan tulang anda jika melakukan sholat sunnah tahajud.

Kalau dilihat dari jumlah rakaat yang dapat dikerjakan sholat sunnah tahajud bisa dilakukan minimal 2 rakaat dengan satu salam. Adapun batasan rakaat sholat tahajud menurut kalangan ulama tidak ada. Hanya saja ada beberapa ulama yang menyatakan bahwa Rasulullah pernah mengerjakan 10 rakaat sholat tahajud sebanyak 10 rakaat dan diakhiri dengan sholat sunnah witir sebanyak 1 rakaat. Adapun keutamaan sholat sunnah tahajud tertuang dalam al-quran surat Al-Isro ayat 79 dan Ad-Dari’at ayat 15-18 sebagai berikut.

Al-Isro ayat 79

Wamina allayli fatahajjad bihi nafilatan laka aaasa an yabaaathaka rabbuka maqaman mahmoodan

Artinya :

Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Ad-Dari’at ayat 15-18

Inna almuttaqeena fee jannatin waaauyoonin (15), akhtheena ma atahum rabbuhum innahum kanoo qabla thalika muhsineena (16), kanoo qaleelan mina allayli ma yahjaaa oona (17) dan wabialashari hum yastaghfiroona (18).

Artinya :

Sesunggunya orang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air (15), mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik (16), Mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam (17), dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah) (18).

Berikut ini tata cara sholat tahajud yang benar sesuai dengan syariat agama Islam.

Niat

Usholli sunnata tahajjud rok’ataini lillahi ta’aalaa.

Artinya :

Aku niat mengerjakan sholat sunnah tahajud sebanyak 2 rakaat karena Allah Ta’ala

Baca surat Al-Fatihah

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai di Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukkanlah kami jalan yang lurus (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Baca surat-surat lain selain surat Al-Fatihah

Bacaan surat yang bisa anda lakukan setelah membaca surat Al-Fatihah dengan membaca surat-surat yang anda hafal dan ingat. Seperti surat-surat pendek maupun surat-surat dalam al-quran yang ada pada juz ke 30.

Rukuk

Posisi badan saat melakukan rukuk, punggung kita harus luruus dengan tangan memegang lutut dan pandangan mata mengarah ketempat sujud.

Baca takbir I’tidah

Takbr i’tidah adalah takbir yang dilakukan setelah anda mengerjakan rukun sholat berikutnya. Bacaan yang anda baca saat i’tidah adalah Sami’allahu li man hamidah.

Sujud

Kemudian anda meletakkan dahi ke bumi dengan dibarengi membaca “Allahu Akbar” dan bacaan saat sujud adalah subhaana rabbiyal-alaa wa bi hamdih sebanyak 3 kali.

Duduk antara 2 sujud dengan thuma’ninah

Setelah itu anda bangun dari sujud dan duduk. Adapun bacaan saat duduk antara 2 sujud adalah rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa ‘aafinii wa’fu ‘annii.

Sujud kedua

Bacaan dalam sujud kedua sama seperti sujud pertama.

Duduk tasyahud akhir dengan thuma’ninah

Duduk dengan kaki kanan tegak dan telapak kaki kiri masuk diantara kaki kanan yang tegak. Lalu anda membaca tasyahud akhir.

Membaca salam

Selesai membaca tasyahud akhir, anda menengok ke kanan dan ke kiri dengan membaca As-salaamu ;alaikum wa rahmatullaah.

Setelah anda mengetahui tata cara sholat tahajud yang benar, kini anda bisa mempraktikannya lebih rutin lagi. Semoga bisa memberikan faedah kepada anda semua.