Bagi anda yang baru mempelajari dan menggunakan mikrotik tentunya anda akan bingung mengenai bagaimana cara setting mikrotik dengan mudah karena memang dalam menggunakan mikrotik terkadang kita bingung karena konfigurasinya agak ribet. Terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika menggunakan mikrotik yaitu antara lain:

  • IP Public yang merupakan IP dasar yang diberikan oleh ISP yang mana fungsinya sendiri adalah untuk terhubung ke internet.
  • IP Private, merupakan jenis IP yang digunakan untuk jaringan lokal.
  • Routing, fungsi dari routing sendiri adalah untuk melewatkan paket dari sautu jaringan ke jaringan lainnya.
  • DNS, berfungsi untuk menterjemahkan nama domain yang anda menjadi sebuah IP Address yang menggunakan sistem TCP/IP
  • NAT, fungsi dari NAT adalah sebaga penerjemah atau untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer kepada jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP Public.

Perlu anda ketahui bahwasanya sudah banyak cara mengatur atau konfigurasi mikrotik yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai Cara setting mikrotik dengan mudah.

  • Yang pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menghubungkan port ethernet 1 ke PC anda dengan menggunakan kabel UTP dengan tipe straight. Perlu anda ketahui bahwa IP default ethernet 1 pada mikrotik adalah 192.168.88.1. Maka dari itu anda harus mengganti IP anda tersebut menjadi satu jaringan atau network dengan IP yang ada pada mikrotik anda. Contohnya seperti 192.168.88.2.
  • Anda kemudian harus login menggunakan winbox dan kemudian anda harus memasukkan IP Address  192.168.88.1, setelah itu anda login dengan admin, sementara itu passwordnya sendiri disarankan agar supaya anda kosongkan terlebih dahulu. Adapun cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan masuk menggunakan mac address dengan mengikuti gambar seperti di bawah ini, selanjutnya anda pilih mac address yang sesuai yang terdapat pada menu mikrotik anda.

  • Ketika anda sudah masuk ke menu winbox, pilih IP – Address. Kemudian anda harus mengklik tombol tambah (+). Untuk interface eth1, anda harus memasukkan ip public sementara eth lainnya anda setting dengan memasukkan ip private. Berikut ini contohnya

ip+addressing.png (573×332)

  • Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan menambahkan routing anda dengan masuk ke menu IP – Routers. Selanjutnya anda harus mengklik tombol tambah (+) IP gateway dengan menset menjadi ip public agar supaya router anda tersebut bisa tersambung atau terkoneksi ke internet. Jangan lupa untuk memastikan bahwasanya status router anda tersebut reachable.

  • Tambahkan DNS server dengan masuk ke menu IP – DNS. Masukkan IP DNS sesuai dengan ISP atau provider internet yang anda gunakan. Anda juga bisa menggunakan opsi lain yaitu dengan menggunakan open DNS google yaitu dengan mengetikkan 8.8.8.8 dan juga 8.8.4.4. Jangan sampai lupa untuk mencentang allow remote request.

  • Yang terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan konfigurasi pada NAT dengan masuk ke menu Ip –  Firewall – NAT. Kemudian anda tambahkan satu persatu IP jaringan anda dengan mengklik tombol (+) seperi pada gambar di bawah ini. Kemudian pada tab action, anda harus pilih masquerade.

IP Firewall dan NAT

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa membantu anda dalam melakukan konfigurasi terhadap mikrotik anda. Terimakasih.