Mungkin Anda merasa seperti teman-teman Anda tiba-tiba mengalami pertumbuhan dan Anda tertinggal jauh di belakang. Mungkin seluruh keluarga Anda benar-benar tinggi dan Anda bertanya-tanya apakah Anda bisa melakukan apa saja untuk mengejar ketinggalan? Akah anda bisa bertambah tinggi? Yang benar adalah bahwa ketinggian seseorang sebagian besar ditentukan oleh hal-hal yang tidak terkendali, seperti gen. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tinggi badan selama masa remaja Anda yang tentunyabisa dikontrol, seperti diet dan aktivitas.

1. Pola Makan

Konsumsilah diet seimbang. Seseorang akan terlihat jauh lebih pendek saat memiliki tubuh yang montok. Tidak hanya itu, karena fit dengan makan benar akan membuat Anda lebih tinggi dan merasa lebih baik!

  • Konsumsilah banyak protein tanpa lemak. Protein lean, seperti daging unggas putih, ikan, kedelai, dan susu, membantu meningkatkan pertumbuhan otot dan tulang sehat.
  • Karbohidrat sederhana seperti pizza, kue, permen, dan soda, adalah barang yang harus dihindari.
  • Konsumsilah banyak kalsium. Kalsium, yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, dan susu (yogurt dan susu), membantu meningkatkan kesehatan tulang.
  • Cukupi kebutuhan seng, studi menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara defisiensi seng dan pertumbuhan kerdil pada anak laki-laki. Sumber seng yang baik termasuk tiram, bibit gandum, biji labu dan labu, domba, kacang tanah, dan kepiting.
  • Dapatkan vitamin D yang cukup. Vitamin D mendorong pertumbuhan tulang dan otot pada anak-anak, dan kekurangan telah terbukti menghambat pertumbuhan dan menyebabkan penambahan berat badan pada gadis remaja. Jumlah vitamin D yang sederhana dapat ditemukan pada ikan, alfalfa, dan jamur, serta makanan yang diperkaya vitamin D seperti beberapa susu dan sereal. Namun, sebagian besar vitamin D Anda berasal dari paparan sinar matahari. Hanya 15 menit sehari di bawah sinar matahari (rata-rata) bisa memastikan Anda mendapatkan cukup vitamin D.

2. Berolahraga

Berolahraga sepanjang masa remaja dan masa pubertas. Olahraga teratur dapat membantu Anda tumbuh lebih tinggi selama masa remaja Anda. Keluar dan kerjakan otot Anda paling sedikit 30 menit setiap hari.

  • Bergabunglah dengan gym. Bergabung dengan gym akan membantu memberi Anda akses ke banyak mesin olah raga dan otot yang hebat. Ini juga akan membuat Anda termotivasi untuk berolahraga (Anda akan merasa konyol jika berada di gym tapi tidak berolahraga).
  • Bergabunglah dengan tim olahraga. Orang yang bergabung dengan tim olahraga dapat menggunakan daya saing alami mereka untuk membakar kalori ekstra dan mudah-mudahan tubuh mereka lebih tinggi. Hal yang hebat tentang olahraga tim adalah separuh waktu, Anda bahkan tidak menyadari bahwa Anda berolahraga.
  • Jika tidak ada yang lain, berjalanlah. Jika Anda tidak dapat menemukan waktu untuk melakukan hal lain, bangunlah dan berjalan-jalanlah. Berjalanlah ke toko kelontong. Berjalanlah ke perpustakaan. Berjalan ke sekolah.

3. Istrahat

Tidur nyenyak setiap malam. Tidur adalah saat tubuh Anda tumbuh, sehingga memiliki banyak tidur sama dengan memberi tubuh Anda lebih banyak waktu untuk pertumbuhan. Tidur antara 9 dan 11 jam per malam jika Anda berusia lebih muda atau masih lebih muda dari 20 tahun. HGH diproduksi secara alami di tubuh kita, terutama saat tidur nyenyak atau lambat. Tidur yang nyenyak dan nyenyak akan mendorong produksi HGH, yang tercipta di kelenjar pituitari.

Fahami Faktor Penyebab

Pahami bahwa sebagian besar tinggi badan Anda akan ditentukan oleh genetika. Ilmuwan memperkirakan bahwa 60% sampai 80% tinggi badan Anda ditentukan oleh gen. Sayangnya, entah Anda memiliki gen tinggi atau tidak. Itu tidak berarti bahwa Anda tidak bisa tumbuh tinggi jika Anda memiliki orang tua yang berada di sisi yang lebih pendek, itu hanya berarti bahwa memiliki orang tua yang lebih pendek berarti Anda lebih cenderung berada di sisi yang pendek.

Cobalah untuk tidak menghambat pertumbuhan Anda. Mungkin tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan tinggi badan Anda, tapi Anda bisa melakukan beberapa langkah untuk memastikan tinggi alami Anda tidak disingkat oleh pengaruh lingkungan. Obat-obatan dan alkohol keduanya dianggap berkontribusi pada pertumbuhan kerdil jika mereka tertelan saat Anda masih muda, dan kekurangan gizi dapat membuat Anda tidak mencapai tinggi badan Anda juga.

Apakah kafein benar-benar menghambat pertumbuhan Anda? Studi ilmiah menunjukkan bahwa, kafein tidak menghambat pertumbuhan. Kafein memang memiliki kesempatan lebih tinggi untuk mencegah Anda tidur nyenyak dan teratur. Anak-anak dan remaja membutuhkan sekitar 9-10 jam tidur, dan kafein dapat melukai kemampuan Anda untuk mendapatkan banyak tidur.

Apakah merokok benar-benar menghambat pertumbuhan Anda? Efek merokok dan perokok pasif pada indeks massa tubuh (IMT) tidak terlalu diketahui hubungannya. Apakah steroid benar-benar menghambat pertumbuhan Anda? Benar. Anabolic steroid menghambat pertumbuhan tulang pada anak kecil dan remaja, bersamaan dengan menurunkan jumlah sperma, menurunkan ukuran payudara, meningkatkan tekanan darah dan menempatkan Anda pada risiko serangan jantung yang lebih tinggi. Anak-anak dan remaja yang menderita asma dan menggunakan inhaler yang mengeluarkan dosis kecil tunasonoid steroid rata-rata setengah inci lebih pendek daripada yang tidak menggunakan obat tersebut.

Baca Juga : cara mengencangkan payudara wanita