Hewan ini sering kali berada di dalam lingkungan yang tidak bersih, hingga keberadaannya bisa membuat anda tertanggu. Siapa lagi kalau bukan tikus. Keberadaan tikus di rumah anda bisa membuat anda tidak nyaman di rumah. Apalagi kalau mereka sudah sangat menganggu anda dengan merusak beberapa barang yang ada di dalam rumah anda dan paling parahnya apabila tikus yang ada di rumah anda sudah berkembang biak. Anda pun perlu melakukan langkah-langkah untuk mengusir tikus dari rumah anda.

Sebenarnya mengusir tikus dari rumah bisa dibilang susah-susah gampang. Langkah-langkah cara mengusir tikus dari rumah bisa menjadi mudah bila anda melakukannya dengan telaten agar tikus anda tidak betah di dalam rumah anda. Berikut ini ada beberapa cara ampuh lain yang bisa anda lakukan sehingga dapat mengusir tikus dari rumah anda.

1. Menutup Lubang atau Celah di Rumah

Biasanya tikus masuk ke rumah anda karena terdapat lubang atau celah tertutama melalui lubang ac, genteng, vetilasi udara ataupun karena pintu rumah anda sering terbuka. Tak jarang tikus maupun hewan lain masuk ke rumah anda. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah sebisa mungkin lubang atau celah yang ada di rumah anda tidak bisa dimasuki oleh tikus. Cara ini dianggap sebagai salah satu upaya untuk meminimalkan tikus masuk ke dalam rumah anda.

2. Kapur Barus

Selanjutnya bila tikus sudah ada di rumah, anda juga bisa melakukan cara lain. Salah satunya anda bisa anda lakukan adalah menggunakan kapur barus. Penggunaan kapur barus tidak hanya mampu mengusir mengusir hewan lain seperti kecoa tapi anda juga bisa menggunakannya untuk mengusir tikus. Mengapa kapur barus bisa menjadi cara mengusir tikus dari rumah anda ?.  Hal ini karena bau yang ditimbulkan dari kapur barus, bisa menyengat bagi tikus sehingga menganggu penciuman tikus. Jadi anda bisa menempatkan kapur barus di area yang biasa didatangi tikus seperti dapur maupun kamar tidur anda sehingga barang-barang anda selamat dari gigitan tikus.

3. Lem Gajah (Lem Pengusir Tikus)

Lem gajah atau lem pengusir tikus. Penggunaan lem gajah (lem pengusir tikus) bisa menjadi cara mengusir tikus dari rumah anda karena membuat tikus kesulitan untuk bergerak. Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan mempelkan lem pengusir tikus pada papan maupun wadah yang tidak digunakan dengan cara menyebar. Hal ini dilakukan supaya saat tikus mencoba kabur, tikus akan terjebak pada lem pengusir tikus yang anda tempelkan di bagian lainnya. Jika cara ini tidak ampuh, maka anda bisa meletakkan pada perangkap menggunakan lem pengusir tikus agar tikus mau menghampirinya.

4. Perangkap Tikus

Perangkap tikus. Tempatkan perangkap tikus di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus terutama di dapur maupun belakang kulkas. Perangkap tikus yang digunakan sebaiknya digunakan sesuai dengan ukuran tikus. Jika perangkap yang digunakan terlalu kecil, maka tikus yang besar pun sulit untuk menangkap tikus besar ini. Sebaliknya perangkap yang terlalu besar pun  juga bisa tidak ampuh dalam mengusir tikus yang ada karena jika tikus yang ada di rumah anda masih kecil maka tikus bisa saja hanya lewat perangkap anda atau memakan umpan pada perangkap tikus yang anda buat. Alhasil cara mengusir tikus dari rumah anda pun tidak berhasil.

Setelah anda mengetahui bahwa sebenarnya banyak cara mengusir tikus dari rumah, anda  pun tidak lagi mengalami kesulitan bukan ?. Tikus hilang anda pun senang. Semoga cara ini bisa membantu anda dalam mengusir tikus dengan mudah. Selamat mencoba.

Berikut Videonya