Data pribadi pada komputerkita merupakan suatu hal yang harus kita jaga dan jangan sampai bocor ke orang lain, apalagi jika orang tersebut tidak kita kenal. Maka dari itu menganmankan data penting anda akan sangat dibutuhkan agar supaya menjaganya dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekarang sudah banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengunci folder maupun juga file di komputer anda, entah itu yang memakai sistem operasi windows maupun bagi mereka yang menggunakan sistem operasi Mac Os. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai cara mengunci folder atau file di komputer yang bisa anda lakukan sendiri karena memang sangat mudah.

Cara mengunci folder atau file di komputer

Sebenarnya terdapat dua cara mengunci file maupun folder anda yang bisa anda pilih, dan keduanya ini merupakan cara yang memang sudah banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin menjaga privasi mereka. Berikut ini akan kami jelaskan tentang cara mengunci folder atau file di komputer.

  1. Mengunci file atau folder anda tanpa menggunakan software
  • Yang pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memilih atau membuat folder yang ingin anda lock atau anda kunci. Jika berupa file, maka masukkan file anda terlebih dahulu ke dalam folder. Pada contoh ini kami akan menggunakan folder bernama Nesaba Media.

cara mengunci folder di windows

  • Anda harus masuk ke dalam folder tersebut, kemudian anda harus membua text dengan cara klik kanan – New – Text Document.

cara mengunci folder di windows

  • Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan memasukkan script seperti di bawah ini

  • Anda harus mengganti PASSWORD_DISINI dengan menggunakan password yang sesuai dengan yang anda inginkan. Disarankan untuk menggunakan kombinasi angka dan huruf. Dalam hal ini kami akan menggunakan password zakaria123. Maka hasilnya seperti berikut ini:

langkah-ketiga

  • Selanjutnya anda tinggal melakukan Save As file tadi yang sudah anda isikan password dan kemudian anda disarankan memberi nama locker.bat dan kemudian mengganti Save as type menjadi All files.

cara memberi password pada folder

  • Setelah itu, langkah yang harus anda lakukan adalah dengan menghapus file New Text Document.
  • Kemudian anda harus mengklik dua kali sampai nanti akan muncul folder yang bernama Private. Selanjutnya anda harus menyimpan file atau folder anda tadi ke dalam folder Private yang tadi sudah muncul.
  • Buka file locker tadi dan kemudian anda harus menekan timbol dan selanjut tinggal tekan Enter dan secara otomatis folder yang anda privasi tadi akan hilang.
  • Sementara itu, untuk melihat folder yang tadi anda hilangkan, maka anda hanya perlu mengklik dua kali pada folder locker tadi. Kemudian anda hanya perlu memasukkan password yang sudah anda buat di awal tadi.

Kemudian bagaimana kalau misal lupa password?

Caranya sangat mudah, anda tinggal mengikuti langkah seperti di bawah ini:

  • Anda tinggal menglik kanan pada file locker dan anda kemudian tinggal pilih Edit.
  • Anda kemudian hanya tinggal mengganti password anda tadi dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih