Seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya internet merupakan suatu kebutuhan sehari-hari bagi semua orang karena berkat internetlah kita bisa mengetetahui beberapa hal dari berbagai penjuru dunia yang mana hal tersebut sangat berguna untuk menambah serta meningkatkan wawasan kita. Lewat internet juga kita bisa mengetahui tentang tips dan trik yang terkadang kita sulit menemukan hal tersebut melalui buku atau pun melihatnya di televisi.

Perlu anda ketahui bahwa semakin banyaknya user atau pengguna internet maka hal tersebut juga diimbangi dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan Wifi atau Hotspot sebagai media penghubung antara smartphone, komputer, atau juga portabel PC seperti laptop, dengan internet. Akan tetapi, tidak semua Wifi maupun Hotspot dapat kita gunakan dengan mudah karena tidak sedikit dari mereka biasanya akan dipasang password dan otomatis kita harus mengetahui password tersebut jika kita ingin menggunakannya.

Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai cara mengetahui password Wifi tetangga yang harus kamu coba

1. Mengetahui password Wifi dengan menggunakan CMD

Cara mengetahui password Wifi tetangga yang pertama yaitu dengan menggunakan CMD atau yang biasa disebut dengan command prompt.

  • Yang pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan membuka menu CMD kemudian ketiklah ipconfig yang mana hal tersebut bertujuan untuk dapat masuk ke gateway serta mengecek IP Address. Pada dasarnya Wifi menggunakan IP Address 192.168.xx.xx, akan tetapi beberapa Wifi juga menggunakan IP Address dengan alamat 10.151.xx.xx.

ip config

  • Setelah mendapatkan IP dan gateway maka anda harus masuk ke browser dan kemudian mengetikkan default gateway yang tadi anda temukan. Disarankan untuk menggunakan Google Chrome.
  • Setelah itu nanti akan muncul sebuah pop up dan ketiklah pada username dan password yaitu username: admin, password: admin.

akses router

  • Kemudian anda masuk ke Interface – Setup – Wireless dan disanalah anda akan menemukan informasi mengenai SSID dan juga password yang digunakan.

2. Dengan menggunakan aplikasi WireShark

Cara mengetahui password Wifi tetangga yang kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi WireShark. Aplikasi memang termasuk aplikasi yang populer di kalangan pengguna jaringan karena fungsinya yang sering digunakan untuk mendapatkan paket data atau lalu lintas jaringan. WireShark nantinya akan meng-capture semua lalu lintas data yang sedang berjalan dan otomatis nantinya anda akan mendapatkan username dan juga password dari Wifi yang anda incar. Berikut ini caranya menggunakan aplikasi WireShark

wireshark

  • Download aplikasi WireShark, dan pilih sesuai dengan tipe windows anda, apakah menggunakan 32 bit atau menggunakan 64 bit.
  • Install aplikasi tersebut dan kemudian buka aplikasinya.
  • Nanti akan muncul beberapa pilihan network adapter, anda harus memilih WlanO karena yang sedang anda incara adalah Wifi, setelah itu anda klik tombol start.
  • Kemudian WireShark akan melakukan capture terhadap semua lalu lintas data.
  • Yang terakhir yaitu anda lihat password Wifi yang sedang anda incar dengan mengklik kanan pada paket data yang sudah di capture oleh aplikasi tersebut, kemudian anda klik Follow TCP Stream dan anda akan bisa melihat password tersebut.

3. Mengetahui Wifi dengan menggunakan aplikasi AirCrack

Cara mengetahui password Wifi tetangga selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengetahui password Wifi tetangga yaitu dengan menggunakan aplikasi AirCrack. Untuk mengatahui password Wifi yang anda incar, anda tidak perlu terkoneksi dengan internet karena anda hanya perlu mengetik nama atau SSID Wifi yang sedang anda incar. Berikut ini caranya:

  • Download aplikasi AirCrack dan sesuaikan dengan model windows yang sedang anda pakai.
  • Ektrak file tersebut dan kemudian anda masuk ke aplikasi AirCrack kemudian buka folder bin.
  • Untuk menjalankan aplikasi ini, maka anda harus mengklik 2x file wzcook.
  • Selanjutnya anda akan menemukan informasi “key has been stored in”, anda tinggal copy dengan menekan tombol Ctrl + C pada keyboard anda. Maka anda nantinya bisa mendapatkan password Wifi yang sedang anda incar.