Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara mempercepat koneksi internet atau Wifi. Kecepatan internet merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan di jaman yang serba digital ini dan pasti akan sangat menyebalkan jika kita mengalami internet lemot atau slow down sementara kita sedang memiliki banyak kebutuhan seperti mendownload film, atau karena mempunyai urusan pekerjaan. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai cara mempercepat koneksi internet atau Wifi yang harus kamu ketahui.

1. Ubah setting bandwidth kamu

Cara mempercepat koneksi internet atau Wifi yang pertama yaitu dengan mengubah setting bandwidth kamu, akan tetapi sebelumnya kamu harus memastikan bahwa modem kamu dalam posisi menyala atau on. Perlu kamu ketahui bahwasanya bandwidth merupakan cakupan frekuensi jaringan yang digunakan untuk mentransmisi data. Pada dasarnya setting default pada bandwidth yaitu berkisar antara 20 sampai dengan 30 persen saja. Maka dari itu kamu harus menggunakan bandwidth yang lebih besar untuk mempercepat koneksi internetmu. Berikut ini caranya:

  • Tekan tombol kombinasi “Windows + R” secara bersama – sama, tunggu sampai nanti muncul pop up.
  • Kemudian kamu klik gpedit.msc pada kolom pop up tadi. Jika sudah selesai maka kamu tinggal mengklik OK.

gpedit

  • Selanjutnya kamu akan menemukan tampilan seperti kumpulan folder. Yang harus kamu lakukan yaitu dengan mengklik Computer Configuration – Administrative Templates – Network – QoS Packed Scheduler.

Local Group Policy Editor

  • Selanjutnya kamu hanya tinggal mengklik perintah yang terdapat pada menu Limit Reservable Bandwidth.

Limited reserveable bandwidth

  • Yang harus kamu lakukan setelah itu dengan memilih menu enable dan nantinya pada bagian Bandwidth Limit  yang mana default asli biasanya 20, maka kamu harus menggantinya dengan 0. Kemudian klik OK
  • Yang terakhir adalah kamu hanya tinggal melakukan restart terhadap komputer atau laptop kamu.

2. Mempercepat koneksi internet atau Wifi dengan mengubah DNS

Cara mempercepat koneksi internet atau Wifi yang kedua yaitu dengan mengubah DNS yang terdapat pada komputer atau laptopmu. DNS merupakan singkatan dari Domain Name System yang mana fungsi dari DNS sendiri yaitu untuk melakukan pencarian terhadap nama di komputer dengan memanfaatkan fasilitas TCP ? IP. Berikut ini cara yang harus kamu lakukan yaitu dengan mengganti pengaturan DNS menjadi open. Berikut ini caranya:

  • Klik kanan pada ikon network dan kemudian kamu klik Open Network and Sharing Center.
  • Selanjutnya kamu harus mengklik menu yang terdapat pada Connection yang terdapat di bagian bawah.
  • Pada saat tampilan Wireless Network Connection Status muncul, kamu kemudian harus mengklik tombol properties.
  • Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan mengklik 1x pada bagian  Internet Protocol Version 4 (TCP/ IPv4) yang sudah tersedia, lalu kamu tinggal mengklik properties.
  • Kemudian kamu mencentang Use the Following DNS server addresses yang terdapat pada tab general.
  • Kamu harus mengubah Prefered DNS:  208.67.222.222, dan Alternate DNS: 208.67.220.220.
  • Kemudian tinggal di klik OK.
  • Cara yang terakhit yaitu tinggal merestart komputer atau laptop kamu.

3. Memilih modem yang memadai

Cara mempercepat koneksi internet atau Wifi selanjutnya yaitu dengan memilih modem yang memadai. Modem merupakan singkatan dari modulator dan demodulator yang mana fungsi dari perangkat ini yaitu untuk mengubah sinyal komputer ke dalam frekuensi tertentu agar nantinya bisa diproses melalui saluran telepon kabel.

Perlu kamu ketahui bahwa setiap modem memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Agar supaya kamu bisa mendapatkan koneksi internet yang cepat maka kamu harus memilih modem yang memiliki spesifikasi yang tinggi, seperti contohnya dengan memilih modem yang berkapasitas 256 Kbps.