Jika kamu pecinta makanan pedas pastinya sudah tak asing lagi dengan jajanan seblak. Seblak merupakan makanan yang mempunyai rasa gurih pedas dan enak dan mempunyai tekstur yang kenyal karena terbuat dari kerupuk yang basah. Tentunya rasa gurih pedas dari seblak membuat orang-orang menjadi ketagihan setelah mencoba makanan enak ini. Seblak merupakan makanan khas Jawa Barat yang telah ada sejak dahulu akan tetapi mulai populer kembali pada tahun 2000-an. Jika kamu berlibur ke Bandung maka akan banyak ditemui penjual seblak di setiap jalanan yang ada di Bandung bahkan sekarang telah terdapat beberapa kedai yang menjual seblak. Hingga saat ini seblak semakin populer sehingga banyak penjual seblak di beberapa kota yang ada di Jawa Barat bahkan di Jakarta pun mulai bermunculan penjual seblak.

Bumbu dasar pembuatan seblak yaitu kencur sehingga seblak mempunyai aroma khas dari kencur. Dahulu seblak hanyalah olahan kerupuk yang diberi bumbu kencur dan pedas. Akan tetapi pada saat ini banyak sekali perkembangan variasi pada seblak mulai dari tulang, ceker, jamur, makaroni, bakso, sosis, siomay, batagor, cilok, dan berbagai variasi lainnya. Bahkan saat ini terdapat beberapa produk seblak instant sehingga kamu dapat dengan praktis dan tidak menunggu lama untuk memakan seblak. Jika kamu tidak mau mengantri atau menunggu lama ketika membeli seblak maka dapat coba untuk membuat makanan pedas ini sendiri dirumah. Cara membuat seblak pun cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu, selain itu kamu juga dapat membuat seblak dengan berbagai variasi sesuai dengan kesukaan kamu. Berikut ini cara membuat seblak gurih pedas dan enak yang dapat kamu coba lakukan dirumah, simak penjelasannya.

Bahan untuk membuat seblak :

  1. 125 gram kerupuk kuning atau kerupuk putih mentah atau dapat kerupuk variasi apa saja bergantung selera
  2. 1 butir telur ayam
  3. Air panas (untuk merendam terlebih dahulu kerupuk)
  4. 50 ml air atau dapat disesuaikan
  5. Kaldu ayam bubuk
  6. Garam
  7. Gula pasir
  8. Daun bawang yang telah di iris tipis-tipis
  9. Minyak goreng (digunakan untuk menumis bumbu seblak)
  10. Berbagai topping lainnya seperti bakso, sosis, ceker, tulang, makaroni dan juga dapat menambahkan sayur ataupun jamur (hanya topping pilihan, dapat disesuaikan jika kamu mau)

Bahan untuk membuat bumbu seblak :

  1. Bawang putih
  2. 1/4 ruas kencur
  3. Cabe keriting dan cabe rawit (disesuaikan selera pedas)
  4. Garam
  5. Gula pasir
  6. Bawang merah (hanya pilihan, karena komponen utama bumbu seblak yaitu bawang putih)

Setelah menyiapkan bahan untuk seblak dan juga untuk membuat bumbunya mari kita mulai membuat seblak gurih pedas dan enak.

Langkah membuat seblak gurih pedas :

  1. Rebus terlebih dahulu kerupuk dengan air panas dan tunggu hingga berubah menjadi agak lembek
  2. Sambil menunggu kerupuk menjadi lembek siapkan bahan-bahan untuk membuat bumbu seblak dan mulai membuatnya dengan cara haluskan kencur, bawang putih, cabe dan bawang merah (untuk menghaluskannya menggunakan ulekan atau jika mau lebih mudah dapat menggunakan blender).
  3. Setelah kerupuk menjadi lunak tiriskan kerupuk tersebut.
  4. Panaskan minyak goreng dan masukkan bumbu yang telah dihaluskan tumis hingga harum dan matang.
  5. Setelah bumbu yang ditumis terasa harum, masukkan telur lalu orek-orek telur.
  6. Masukkan kerupuk yang telah direbus dan juga berbagai topping yang telah disiapkan kemudian masukkan air.
  7. Tambahkan garam, gula dan juga kaldu ayam bubuk sesuaikan hingga seblak terasa gurih dan pedas. Tunggu hingga air mendidih dan seblak menjadi matang tambahkan irisan daung bawang untuk menambah cipta rasa dari seblak.
  8. Setelah air mendidih dan air telah menyerap pada seblak, seblakpun siap disajikan.

Seblak gurih pedas dan enak pun sudah siap disajikan dan dapat langsung kamu makan. Nah bagaimana, mudah bukan membuat seblak gurih pedas dirumah? Jangan lupa untuk mencoba membuat seblak dirumah ya. Sekian pembahasan mengenai cara membuat seblak gurih pedas dan enak. Silahkan mencoba mempraktikannya dirumah dan selamat mencoba.