Sudah sejak dulu pemerintah sering mencanangkan gerakan membayar pajak. Kita semua tahu bahwa pajak sendiri merupakan salah satu pemasukan bagi negara kita yang bertujuan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Setiap warga negara yang akan membayar pajak pasti memiliki nomor NPWP. Nomor NPWP adalah nomor yang diberikan bagi wajib pajak untuk mempermudah proses administrasi perpajakan. Pembuatan nomor NPWP sebelumnya bisa dibuat langsung di kantor perpajakan terdekat di wilayah anda. Namun pembuatan nomor NPWP kini bisa dilakukan secara online melalui sistem  eRegistration.

Berdasarkan website Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, eRegistration dalam cara membuat NPWP onlie adalah sistem aplikasi dari sistem informasi perpajakan di lingkungan direktorat jendderal pajak dengan berbasis perangkat keras dan perangkat lunak yang dihubungkan oleh perangkat komunikasi data yang digunakan untuk mengelola proses pendaftaran wajib pajak. Pembukaan pendaftaran  NPWP online yang dikeluarkan oleh pemerintah diharapkan bisa mempermudah wajib pajak sehingga tidak harus mengantri lama dan bisa dilakukan kapan dan dimana saja sehinggan untuk proses pembayaran pajak lebih cepat. Berikut ini cara membuat NPWP online yang bisa anda lakukan sebagai berikut.

1.      Buka halaman https://ereg.pajak.go.id/login

2.      Lalu klik daftar bagi anda wajib pajak baru yang belum punya akun.

3.      Masukkan alamat email dan captcha, lalu klik daftar

Setelah anda memasukkannya maka akan muncul tulisan ini

Catatan penting :

Email yang anda gunakan adalah email aktif dan sering anda gunakan. Email ini juga akan anda tulis dalam formulir pendaftaran npwp.

4. Kemudian anda akan menerima email balasan dari https://ereg.pajak.go.id, untuk melanjutkan proses pendaftaran npwp online langkah ke 2. Email ini berisikan email vertifikasi agar anda bisa melanjutkan proses pendaftaran npwp online ke 2 dengan mengklik link vertifikasi maupun link lain apabila proses vertifikasi tidak bisa anda lakukan. Pastikan bahwa email yang diterima dari email eregistration@pajak.go.id. Adapun masa berlaku email ini 1 x 24 jam. Jadi jika anda ingin melakukan pendaftaran ulang lagi maka anda harus mengulang langkah ke 1.

5. Kemudian Pendaftaran akun langkah ke 2 anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran berupa jenis wp, nama sesuai ktp, alamat email, password, ulangi password, nomor hp, pertanyaan, jawaban dan kode captcha. Lalu klik daftar

6. Selanjutnya anda akan akan menerima email vertifikasi ke 2 berupa proses pendaftaran akun npwp online berhasil. Lalu anda mengklik link yang tersedia pada email tersebut untuk melajutkan pendaftaran npwp.

7. Setelah anda berhasil, maka anda bisa  login dengan akun NPWP Online yang sudah anda miliki sebelumnya.

8. Anda akan dihadapkan kembali pada 9 Form yang wajib anda isi meliputi ;

  • Kategori
  • Identitas
  • Penghasilan
  • Alamat
  • Alamat domisili (KTP)
  • Alamat usaha
  • Info tambahan
  • Persyaratan
  • Pernyataan

9. Kelengkapan data yang sudah anda isi jangan lupa periksa jika masih ada data yang perlu ditambahkan/diperbaiki. Lalu klik submit pada bagian bawa form ke 9 pernyataan.

10.  Ada akan menerima email balasan dari eregistratio@pajak.go.id berupa kode token sebagai nomor pemohon npwp.

11.  Kemudian masukkan nomor pemohon npwp pada data 9 form yang sebelumnya sudah anda isi. Lalu klik kirim pemohon

12.  Anda nanti akan dialihkan ke laman surat pernyataa mengenai informasi perpajakan. Pastikan anda mencentang semuanya. Lalu klik kirim.

Jika anda masih memiliki kesulitan dalam cara membuat npwp online maka anda bis menghubungi call center Kring Pajak di 500200. Setelah anda mengetahui cara membuat NPWP online, membayar pajak bukan lagi hal yang sulit bukan ?. Selamat mencoba.