Donat adalah jajanan enak yang banyak disukai oleh kaum tua maupun muda. Tak heran jika hampir semua orang pernah mencoba membuat sendiri kue donat dengan berbagai resep. Namun ternyata, tak banyak orang yang mampu membuat donat enak dan empuk. Rata-rata donat yang dihasilkan keras dan memiliki tekstur kurang bagus. Nah, disini akan kita bahas bagaimana cara membuat donat paling enak dan empuk dengan sangat mudah.

Sebelum masuk dalam rincian resep hingga pembuatan, satu hal yang harus Anda tekankan adalah fokus pada adonan. Karena jika salah sedikit saja dalam adonan, maka donat tidak bisa dihasilkan dengan sempurna. Selain itu, perhatikan kualitas bahan adonan donat.

Pilih tepung, mentega, telur dan lain-lain yang berkualitas dan tidak terlalu lama disimpan dalam lemari display atau lemari penjual. Bahan adonan yang sudah terlalu lama disimpan, meski belum kadaluarsa, biasanya sedikit banyak dapat mempengaruhi rasa donat, tekstur serta pengembangannya.

Berikut ini cara membuat donat paling enak dan empuk dengan toping aneka rasa.

Bahan adonan :

  1. Tepung terigu :  1/2 kg  (pilih yang berkualitas bagus)
  2. Mentega :   3 sdm
  3. Gula pasir :   4 sdm
  4. Ragi instant :   11 gram
  5. Air mineral :   200 cc
  6. Susu kental :   3 sdm
  7. Garam :   2 sdt
  8. Telur :   2  butir

Bahan untuk toping :

  1. Tepung terigu :  100 gram (untuk campuran)
  2. Mentega / butter :    50 gram (cairkan)
  3. Nutella coklat

Catatan :

  • Sdm : sendok makan
  • Sdt : sendok teh

cara membuat donat paling enak dan empuk

Cara membuat adonan :

  1. Kocok 2 butir telur menggunakan mixer hingga putih berbusa, lalu tambahkan gula pasir dan susu secara perlahan sambil tetap dikocok hingga merata. Usahakan benar-benar tercampur sempurna antara telur, gula dan susu karena dapat mempengaruhi pengembangan kue.
  2. Campurkan ragi dengan air 200 CC, lalu aduk. Setelah ragi tercampur rata, tuangkan ke dalam adonan No. 1 tadi. Pakai sarung tangan dari plastik khusus membuat kue, lalu aduk adonan dengan tangan (uleni). Aduk-aduk terus hingga adonan tidak lengket di tangan dan bertekstur lentur (kalis).
  3. Taruh adonan dalam sebuah wadah tertutup lalu biarkan selama 30 menit hingga benar-benar mengembang.
  4. Selanjutnya, cetak adonan tadi dengan cetakan khusus donat yang berlubang tengah atau bisa menggunakan tangan saja untuk membentuk donat berlubang.
  5. Panaskan minyak goreng dengan api kecil, lalu masukkan donat-donat yang sudah tercetak tadi ke dalam penggorengan.
  6. Tunggu hingga donat kecoklatan sebelum membaliknya ke sisi lain. Ingat, api harus kecil dan sering-seringlah membalik donat agar tidak gosong.
  7. Setelah semua donat matang, Anda bisa menyiapkan topingnya.
  8. Campurkan semua bahan toping tadi, lalu aduk hingga rata.
  9. Celupkan donat ke dalam toping, lalu letakkan dalam sebuah wadah penyajian
  10. Jika Anda tidak menyukai toping, Anda bisa mengolesi permukaan atas donat dengan mentega, lalu menaburkan keju, meses, coklat parutan dan sebagainya sesuai selera.
  11. Donat enak dan empuk siap disajikan.

Jadi, cara membuat donat paling enak dan empuk tidak begitu sulit, bukan? Perhatikan adonan dan lama proses penggorengan, agar didapatkan donat sempurna sesuai keinginan. Resep membuat donat di atas bisa Anda coba di rumah. Tambahkan saja kentang dalam adonan jika Anda ingin menjadikannya donat kentang. Semoga menginspirasi.