Donat merupakan salah satu cemilan yang terkenal di dunia dan ada sejak tahun 1800-an. Saat ini di Indonesia terdapat banyak sekali toko penjual donat dengan berbagai varian rasa yang berbeda, ukuran dan juga bentuk yang beragam. Pada dasarnya donat merupakan kue yang terbuat dari tepung terigu akan tetapi saat ini banyak bermunculan jenis-jenis donat dengan bahan dasar yang berbeda salah satunya yaitu donat kentang. Donat kentang atau spudnut merupakan donat yang terbuat dari tepung terigu dan juga kentang. Donat kentang sudah ada sejak tahun 1900-an dan pada tahun 1950-an mulai bermunculan toko-toko yang menjual donat kentang. Donat kentang sangat tepat dimakan dengan disertai minum kopi ataupun minuman lainnya.

Salah satu kelebihan donat kentang dibandingkan dengan donat biasa yaitu donat kentang mempunyai tekstur yang lebih empuk. Donat kentang juga dapat disajikan dengan berbagai topping seperti donat biasanya. Hampir semua orang menyukai jenis makanan ini maka tak heran jika usaha donat merupakan salah satu usaha yang menjanjikan. Selain itu donat juga dapat dijadikan cemilan untuk berbagai acara seperti acara ulangtahun, arisan, kumpul keluarga ataupun acara lainnya. Jika kamu akan menjadikan donat sebagai sajian untuk berbagai acara maka tak ada salahnya jika mencoba membuat donat kentang sendiri dirumah. Membuat donat kentang bukanlah hal yang sulit, teknologi semakin canggih sehingga kamu dapat dengan mudah mengetahui apa saja termasuk cara membuat donat kentang. Pada pembahasan kali ini akan kami bahas mengenai cara membuat donat kentang paling enak di dunia, lalu bagaimana sih caranya? untuk lebih jelasnya simak penjelasannya dibawah ini.

Bahan-bahan :

  1. 500 gram tepung terigu
  2. 4 butir telur (hanya kuning telur saja)
  3. 250 gram kentang
  4. 100 gram gula halus atau gula pasir
  5. 50 gram susu bubuk full cream
  6. 75 gram mentega
  7. 1/2 sendok garam
  8. 11 gram ragi instant
  9. 100 ml air

Selain sembilan  bahan tersebut siapkan juga bahan untuk topping donat, kamu dapat menyesuaikan berdasarkan topping favorite kamu. Beberapa topping yang biasa digunakan diantaranya yaitu meses, dark chocolate leleh, butter cream, selai strawberry, green tea, dll.

Langkah membuat donat kentang :

  1. Siapkan 250 gram kentang kemudian cuci kentang hingga bersih. Setelah kentang dicuci dengan bersih kukuslah atau bisa juga dengan merebus kentang tersebut hingga matang (hingga menjadi lunak). Setelah kentang mulai melunak potong kentang menjadi beberapa bagian kemudian tumbuk kentang hingga halus.
  2. Langkah selanjutnya yaitu siapkan wadah lalu masukkan tepung terigu, susu bubuk full cream, gula pasir dan juga ragi aduk semua bahan tersebut hingga semuanya tercampur dengan rata. Setelah tercampur semua bahan tersebut masukkan kentang yang telah dihaluskan pada campuran tersebut kemudian aduk kembali hingga merata.
  3. Setelah mencampur semua bahan masukkan 4 butir kuning telur dan juga air dingin, aduk adonan tersebut hingga merata. Setelah semua bahan tercampur dengan rata masukkan mentega dan 1/2 sdt garam kemudian aduk hingga semua tercampur.
  4. Setelah semua bahan tercampur remas adonan tersebut menggnuakan tangan hingga adonan kalis dan pastikan adonan tidak lengket.
  5. Siapkan kain basah dan gunakan untuk menutupi adonan yang ada pada wadah. Kemudian diamkan adonan donat tersebut sekitar kurang lebih 30 menit hal ini bertujuan agar ragi yang ada pada adonan tersebut bekerja sehingga membuat adonan menjadi mengembang.
  6. Setelah 30 menit buka kain tersebut dan lihat bentuk adonan menjadi mengembang. Adonan donat pun selesai dibuat dan dapat mulai dibentuk menjadi bulat dengan dibuat lubat ditengah seperti donat biasanya.
  7. Simpan semua donat yang telah dibentuk pada alas yang telah ditaburi tepung agar donan tidak lengket atau menempel. Kemudian diamkan donat yang telah dibentuk selama kurang lebih 20 menit.
  8. Setelah selesai didiamkan nyalakan kompor dan panaskan minyak goreng. Masukkan donat yang telah dibentuk kemudian goreng dengan benar hingga matang. Tanda donat matang yaitu donat berwarna kuning kecoklatan.
  9. Langkah terakhir tiriskan donat yang telah digoreng kemudian tambahkan berbagai topping yang telah disediakan seperti meses, selai strawberry dan berbagai topping favorite kamu.

Donat kentang pun selesai dibuat dan dapat langsung disantap. Rasakan perbedaan donat biasa dan donat kentang, donat kentang akan terasa lebih empuk dibandingkan dengan donat biasa. Bahan-bahan tersebut hanya untuk 12 donat, jika kamu ingin membuat donat dalam jumlah yang lebih banyak maka perbanyak bahan-bahan tersebut. Donat kentang jika disajikan dalam berbagai variasi dengan rasa yang sangat lezat dapat menjadi sebuah peluang usaha. Yuk tunggu apalagi segera coba cara membuat donat kentang paling enak di dunia. Selamat mencoba.