Saat melamar pekerjaan cv menjadi salah satu syarat perusahaan bisa merekrut kamu menjadi karyawan di perusahaan mereka. Tampilan cv pun banyak bermacam-macam sampai ada beberapa cv yang tidak dilihat perusahaan karena kamu tidak membuatnya sesuai dengan yang seharusnya. Ada beberapa orang juga yang mencari jasa pembuatan cv agar tampilan cv mereka bisa diterima perusahaan. Daripada kamu mencoba jasa tersebut, lebih baik kamu membuatnya sendiri bukan ?. Belum tentu juga hasil yang mereka buat sesuai dengan keinginan kamu. Jadinya kamu membutuhkan waktu dan uang banyak juga. Simak yuk, berikut ini cara membuat cv dengan benar agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah.

Foto profil cv formal

Foto yang kamu gunakan pada cv pun menjadi penentu bagaimana perusahaan melihat kamu. Sebaiknya foto yang kamu gunakan adalah foto terbaru dengan format yang digunakan format ktp. Kalau kamu menggunakan foto gaya atau narsis, otomatis kamu tidak akan diterima. Pastikan latar belakang foto kamu polos agar poto yang dihasilkan formal dan simpel. Kemudian foto yang diambil mulai dari foto kepala kamu sampai sedada dan jangan mengambil foto untuk cv seluruh tubuh, kecuali kamu model atau perusahaan tempat kamu mendaftarkan diri membutuhkan foto seluruh tubuh.

Isi identitas dengan lengkap

Isi identitas diri pada cv pun harus lengkap. Pastikan data identitas diri kamu terdapat data seperti nama, tempat tanggal lahir, nomor telepon, alamat, riwayat pendidikan, kegiatan organisasi dan kepanitiaan maupun pengalam pekerjaan jika sudah ada. Jangan lupa, identitas yang kamu tulis pada cv harus dilengkapi dengan bukti seperti ktp, ijazah terakhir maupun sertifikat penunjang lainnya.

Tulis keahlian sesuai kemampuan kamu

Penulisan cv kamu perlu didukung dengan keahlian yang kamu punya supaya orang yang merekrut kamu mengetahui bahwa kamu berpotensi untuk menjadi karyawan mereka. Memasukkan keahlian juga bisa menjadi point tambahan untuk kamu diterima karena kamu lebih memiliki kemampuan dibandingkan mereka yang tidak memiliki keahlian seperti kamu. Pastikan juga keahlian yang kamu tulis pada cv sesuai, kalau nanti saat diwawancara kamu tidak memiliki keahlian sesuai dengan keahlian yang kamu tulis, pastinya kamu bisa dikasih point minus dari mereka.

Format cv berlebihan

Kemajuan orang-orang Indonesia dalam mendesain bisa dikatakan tidak kalah dengan para pekerja asing lainnya. Banyak diantara mereka yang mencoba keahlian mendesain mereka pada cv yang mereka gunakan untuk mendaftarkan diri pada pekerjaan yang mereka inginkan di perusahaan. Sayangkan kemampuan ini bisa dibilang menjadi bumerang untuk mereka. Mengapa demikian ?. Sebaiknya cv yang kamu gunakan dibuat dengan desain yang simpel dan tidak terlalu banyak desain. Memang cv yang banyak desain bisa menarik penglihatan orang yang akan merekrut kamu nanti dan bisa menjadi cara menunjukkan kemampuan kamu dalam mendesain cv menggunakan aplikasi desain. Sayangnya tidak semua perusahaan menyukai format cv yang seperti ini. Ada baiknya cv yang kamu buat harus sesuai dengan perusahaan yang kamu daftarkan. Kalau pun kamu lebih menyukai cv yang memiliki desain, pastikan cv yang kamu daftarkan sesuai denga job (pekerjaan) yang kamu daftarkan pada lowongan pekerjaan perusahaan tersebut.

CV yang digunakan harus terbaru

Banyak orang yang melamar pekerjaan di perusahaan menggunakan cv lama karena mereka tidak sempat membuat cv terbaru mereka. Pastikan cv yang akan kamu buat tidak terlalu jauh dari waktu pendataran lowongan pekerjaan yang perusahaan tawarkan. Jadinya cv yang kamu buat bisa lebih tersusun dan sesuai dengan format yang ada.

Setelah kamu memahami bagaimana cara membuat cv dengan benar, maka cv yang kamu buat nanti bisa menarik para perusahaan yang mau merekrutmu menjadi karyawan mereka. Tunggu apalagi, jangan tunda-tunda untuk membuat cv kamu. Kamu juga tidak perlu butuh waktu lama bukan untuk membuat cv terbaru kamu setelah mengetahui bagaimana cara membuat cv dengan benar. Selangkah lebih maju daripada mereka yang membuat cv mendadak bukan ?. Selamat mencoba.