Cara membuat cilok – Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok adalah makanan yang terbuat dari tepung kanji (aci). Cilok merupakan makanan yang berasal dari Jawa Barat yang mempunyai bentuk yang bulat dan mempunyai tekstur yang kenyal. Jika kamu berlibur ke Bandung pasti akan banyak menemui penjual cilok disekitar jalan yang ada di kota Bandung. Seiring berkembangnya zaman banyak inovasi baru pada makanan khas ini, hingga saat ini terdapat berbagai macam varian isi pada cilok mulai dari telur, cabe, cincang dan juga sosis. Cilok biasa dijadikan dengan bumbu kacang, saus, kecam dan juga sambal. Selain itu cilok dapat disajikan dengan cengek atau cabe rawit yang ditumbuk kemudian ditambah sedikit garam, cilok tersebut dinamakan cilok goang.

Cilok kuah sangat enak dimakan ketika dipadukan dengan tahu, siomay dan juga ceker ayam. Selain disajikan dengan dikukus cilok juga dapat disajikan dengan cara digoreng. Tak hanya enak dimakan, cilok juga dapat dijadikan sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Hingga saat ini banyak sekali kedai-kedai yang menjual cilok dengan cara penyajiannya yang berbeda dengan penjual cilok keliling. Maka tak ada salahnya jika kamu tertarik untuk membuka usaha cilok dan coba melakukannya. Cilok digemari oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa karena cilok merupakan jajanan yang enak dan juga murah. Jika kamu khawatir terhadap kualitas cilok apakah bersih atau tidak maka kamu dapat mencoba membuatnya. Berikut ini cara membuat cilok kenyal dan enak.

Siapkan bahan-bahan untuk membuat cilok

Bahan :

  1. 125 gram tepung tapioka atau tepung kanji
  2. 125 gram tepung terigu (pilihlah tepung terigu yang mempunyai kualitas terbaik)
  3. 1/2 sdt kaldu bubuk atau penyedap rasa (banyaknya dapat disesuaikan sesuai selera)
  4. Garam disesuaikan dengan kebutuhan
  5. 1/4 sdt merica bubuk
  6. 1/2 sdt gula pasir
  7. 2 siung bawang putih yang telah dihaluskan
  8. 2 batang daun bawang yang telah di iris tipis-tipis.
  9. 500 ml air (banyaknya air dapat disesuaikan pada saat membuat adonan)
  10. Air panas atau air biasa yang digunakan untuk merebus cilok

Cilok tanpa bumbu kacang rasanya seperti sayur tanpa garam oleh karena itu selain cara membuat cilok kenyal dan enak akan dijelaskan mengenai cara membuat bumbu kacang yang enak. Siapkan bahan-bahan untuk membuat bumbu kacang diantaranya yaitu sebagai berikut.

Bahan untuk bumbu kacang :

  1. 100 gram kacang tanah goreng
  2. Gula merah atau gula pasir dapat disesuaikan sesuai selera
  3. 2 siung bawang putih
  4. Cabe rawit sesuai kebutuhan
  5. Garam
  6. 1 sdm air asam jawa atau 1 sdt cuka
  7. Air secukupnya

Setelah meyiapkan semua bahan untuk membuat cilok dan juga bahan untuk bumbu kacang mari kita mulai untuk membuat cilok kenyal dan enak.

Langkah-langkah membuat cilok kenyal :

  1. Siapkan air panas dan masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, merica bubuk, gula dan juga garam ke dalam air panas tersebut.
  2. Campurkan tepung terigu, tepung kanji dan irisan bawang daun kemudian ayak terlebih dahulu sebelum akan dibuat adonan.
  3. Masukkan tepung terigu, tepung kanji dan juga irisan daun bawang ke dalam wadah dan tambahkan air panas yang telah dicampur bawang putih halus, dsb secara perlahan.
  4. Masukkan air panas pada campuran tepung terigu dan tepung kanji secara perlahan sambil adonan tersebut diaduk hingga merata dan pastikan adonan mudah dibentuk dengan tekstur yang tidak lengket.
  5. Setelah adonan selesai dibuat mulailah membentuk adonan menjadi cilok, bentuk adonan tersebut menjadi bulat.
  6. Setelah selesai dibentuk cilokpun sudah dapat direbus, rebus pada air mendidih dan tunggu hingga cilok mengambang kemudian tiriskan.

Setelah cilok selesai direbus cilok pun siap untuk dimakan, eitss…. tapi jangan lupa untuk membuat bumbu kacang sebagai bumbu pelengkap cilok. Cara membuat bumbu kacang yaitu haluskan kacang tanah kemudian campurkan dengan gula pasir atau gula merah, air asam jawa, garam dan juga cabe. Setelah semua bahan tercampur beri air secukupnya dan tunggu hingga bumbu kacang mengental, jika bumbu kacang telah mendidih dan menjadi mengental maka bumbu kacang selesai dibuat. Cilokpun siap disajikan dengan bumbu kacang, rasakan kenyalnya cilok dan enaknya saus kacang. Sekian pembahasan mengenai cara membuat cilok kenyal dan enak semoga bermanfaat dan selamat mencoba.