Di jaman yang serba internet ini, banyak orang membuat blog dengan tujuan bermacam-macam. Ada yang ingin menghasilkan uang dari blog, ada juga yang menjadikannya seperti diary pribadi alias tempat curhat, bahkan ada yang sengaja berpolitik melalui blognya. Apapun tujuan mereka, yang pasti blog sangat efektif untuk mengekspresikan maksud dan tujuan pemilik agar dibaca dan dikenal masyarakat luas. Karenanya tak heran jika cara membuat blog gratis dibutuhkan para blogger khususnya pemula.

Banyak sekali platform yang menyediakan blog gratisan mulai dari wordpress, blogspot atau blogger, jimdo, tumblr, squidoo dan lain sebagainya. Namun sebelum membuat blog gratis, Anda wajib memiliki email. Karena tanpa email jelas Anda tidak akan bisa mendaftarkan diri untuk membuat sebuah blog. Email yang dimaksud adalah email yang aktif dan masih bisa Anda buka, jika Anda lupa kata sandinya, disarankan untuk membuat email baru.

Bagi pemula sebaiknya mencoba dua platform blog terpopuler di dunia yang menyediakan blog gratis yaitu wordpress dan blogger (blogspot). Anda bisa mencoba salah satu atau sekaligus keduanya. Disini akan dijelaskan tentang membuat blog gratis dari wordpress. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan tentang cara membuat blog gratis yang paling mudah untuk pemula berikut ini.

Cara Membuat Blog Gratis Di WordPress.com

WordPress tersedia dalam dua pilihan yaitu yang gratis dan yang premium atau berbayar. Untuk wordpress gratis, Anda tidak perlu menyewa hosting karena sudah disediakan secara gratis oleh wordpress.com. Sedangkan untuk yang premium, Anda wajib menyewa hosting agar blog dapat digunakan.

Jika Anda memilih menggunakan wordpress gratis, ikuti langkah-langkah ini.

  1. Pertama-tama, bukalah situs wordpress.com lalu klik Get Started di pojok kanan atas untuk mulai membuat blog. Namun jika Anda telah memiliki akun di wordpress, klik saja login di sebelahnya.cara membuat blog gratis di wordpress
  2. Selanjutnya adalah memilih layout situs. Ada beberapa macam tata letak atau layout situs yang nantinya akan Anda pergunakan untuk memilih tema pada langkah selanjutnya.
  3. Kemudian membuat nama blog atau url blog. Di bagian ini tentukan terlebih dahulu tujuan Anda membuat blog. Apakah ingin digunakan untuk keperluan pribadi atau berbagi hal-hal yang Anda sukai, apakah ingin digunakan untuk bisnis dan lain sebagainya. Nama blog sangat penting karena akan menggambarkan sekilas tentang isi blog Anda tersebut. Untuk pengguna wordpress gratis, nantinya situs Anda akan beralamat : namadomain.wordpress.com. Contohnya : banyakcara.wordpress.comcara membuat blog gratis
  4. Terakhir adalah membuat nama pengguna baru. Anda wajib mengisikan email dan nama pengguna serta kata sandi (password). Kemudian check email Anda, karena wordpress akan mengirimkan email untuk konfirmasi blog baru beserta nama pengguna yang telah Anda buat tadi.cara membuat blog gratis

Nah, setelah selesai langkah-langkah tentang cara membuat blog gratis di wordpress, kemudian Anda bisa masuk ke blog menggunakan alamat : namadomain.wordpress.com/wp-admin. Masukkan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) yang telah Anda buat tadi untuk menuju ke dashboard wordpress atau kontrol panelnya.

Selanjutnya Anda tinggal menulis dan melakukan aktivitas blogging yang Anda inginkan. Perlu diingat, membuat blog memang mudah, namun membuatnya ramai dikunjungi tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang wajib Anda lakukan agar blog Anda ramai pengunjung seperti berikut :

  1. Jangan membuat konten atau artikel yang asal-asalan. Lebih baik jika Anda memilih tema penulisan tertentu sehingga konten dan artikel memiliki arah yang jelas dan konsisten.
  2. Sediakan waktu untuk mengelola blog. Aktivitas blogging memerlukan waktu, fokus, kesabaran dan tenaga yang tidak sedikit. Terutama jika Anda memiliki tujuan tertentu seperti menggunakan blog untuk bisnis.
  3. Jangan asal menjiplak konten orang lain. Copy paste sangat tidak dianjurkan bagi semua blogger. Buatlah konten yang unik hasil dari pemikiran Anda sendiri dan tidak asal copy paste hasil karya orang lain.
  4. Jalin persahabatan dengan sesama blogger. Berteman tidak ada ruginya, apalagi di dunia blogging. Dengan memiliki banyak sahabat blogger, tentu Anda akan bisa berbagi ilmu, strategi, silahturahmi bahkan saling membantu apabila ada kesulitan.

Bagaimana? Membuat blog di wordpress tidak sulit, bukan? Itulah cara membuat blog gratis yang paling mudah untuk pemula yang bisa Anda terapkan. Happy blogging!