Cara Membuat Beef Steak Crispy – Hidangan yang terbuat dari olahan daging sering kali tersaji dalam sebuah hidangan yang istimewa. Aroma serta rasa yang lezat menjadi ciri khas tersendiri. Maka tak heran kalau olahan daging menjadi santapan yang terlihat begitu sempurna. Selain itu, banyak pula orang yang suka menyantap masakan dari olahan daging.

Salah satu hidangan dari olahan daging yang memiliki banyak penggemar adalah sajian steak daging. Hidangan steak daging adalah sajian makanan yang terinspirasi dari hidangan internasional.

Biasanya kamu sering menikmati hidangan ini di sebuah restoran atau kafe tertentu. Nah, kali ini kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Penasaran seperti apa resep hidangan lezat steak daging yang lezak? Simak dulu yuk Cara Membuat Beef Steak Crispy berikut ini:

Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat steak daging sapi yang renyah, mudah, sekaligus sederhana

Bahan dan Bumbu:

  • 300 gram daging sapi has luar (potong agak lebar)
  • minyak untuk menggoreng
  • 1/2 sendok teh lada bubuk

Bahan Pelapis Steak Daging Crispy:

  • 200 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung maizena
  • 1 sendok makan bubuk bawang putih
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 3/4 sendok teh lada hitam kasar
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Saus Steak Daging Crispy:

  • 1 sendok makan margarin
  • 1/2 buah bawang bombay, iris panjang
  • 1 3/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh lada hitam kasar
  • 300 ml kaldu daging
  • 100 gram jamur kancing

Cara Memasak Agar Hasil yang Didapat Renyah dan Enak

  1. Langkah pertama adalah melumuri daging yang sudah dipotong-potong dengan lada bubuk dan sedikit garam. Nah, setelah dilumuri dengan lada dan garam, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Untuk apa? Supaya bumbu tersebut bisa meresap sempurna pada daging serta akan memberikan aroma khas ketika digoreng.
  2. Setelah didiamkan selama 15 menit, maka langsung saja campurkan bahan pelapis dalam wadah dengan permukaan datar. Aduk dengan menggunakan sendok, pastikan jika semua bahan tercampur rata.
  3. Cara Membuat Beef Steak Crispy selanutnya adalah guling-guling daging di atas bahan pelapis. Sambil menggulung, cubit-cubit perlahan agar bumbu makin meresap dan tetap menempel saat nanti di goreng.
  4. Setelah itu, siapkan wajah untuk menggoreng. Tuangkan minyak, jika sudah panas maka langsung goreng daging yang telah terbalut bumbu pelapis. Goreng daging hingga warnya berubah coklat keemasan.
  5. Setelah matang sempurna, angkat dan tiriskan kemudian sisihkan sementara.

Cara membuat saus steak Daging Crsipy:

Sama mudahnya seperti mengolah daging, proses pembuatan saus pun juga sangat mudah. Udah nggak sabar kan? Yuk langsung saja simak cara membuat saus yang enak dan gurih.

  1. Setelah proses penggorengan daging dan matang sempurna, langkah selanjutnya yakni membuat sausnya. Pertama, siapkan wajan lalu tuang minyak secukupnya. Dan setelah minyak panas, masukkan bawang bombay yang sudah diiris memanjang tersebut. Tumis bawang bombay hingga layu dan keluar aroma harum khas bombay.
  2. Jika bawang bombay sudah layu dan baunya harum, masukkan jamur kancing. Tumis hingga jamur yang dimaksukkan dalam wakah berubah menjadi lebih layu. Jika jamur sudah nampak layu, masukkan sedikit tepung terigu. Aduk terus hingga tumisan menjadi agak kental dan semua bahan agak bergumpal.
  3. Setelah tumisan mengental, jangan lupa masukkan susu cair. Masukkan sedikit demi sedikit sembari diaduk hingga licin.
  4. Jangan lupa juga masukkan bumbu tambahan seperti gula pasir, garam halus, lada hitam kasar. Aduk terus hingga saus mendidih dan di bagian atasnya meletup-letup. Jika sudah meletup-letup, berarti saus tersebut sudah benar-benar matang.
  5. Setelah itu angkat dan sisihkan sementara.
  6. Susun daging di atas piring saji, siram saus diatas daging. Untuk pelengkapnya, bisa ditambahkan pula kentang goreng dan juga sayuran.

Nah, kini kamu pun siap untuk menyajikan dan menghidangkan lezatnya steak daging crispy dengan siraman bumbu saus di atasnya. Hmmm…sudah bisa bayangkan betapa lezatnya steak daging ini?. Yuk, jangan ragu mencoba resep ini dan Cara Membuat Beef Steak Crispy. Selamat mencoba ya.

Baca:

Resep Kue Bolu yang Empuk Beserta Cara Membuatnya