Saat ini penggunaan hijab mulai menjadi trend dikalangan wanita baik muda maupun dewasa. Penggunaannya pun kini tidak lagi sering kita lihat saat hari raya umat muslim seperti hari raja idul fitri maupun idul adha saja melainkan di hari biasa banyak kita jumpai wanita yang memakai hijau. Penggunaan hijab sendiri menjadi trend diikuti dari banyaknya publik figure seperti artis dan model yang menggunakan hijab dalam keseharian mereka. Adanya trend ini juga menjadi fashion hijab mulai berkembang sehingga model hijab pun bisa kita lihat dengan berbagai macam model.

Selain fashion, bisnis hijab ikut berkembang dengan adanya berbagai macam model yang tersedia, maka tak heran tempat-tempat yang menjual hijab pun dapat kita jumpai. Jadi bagi teman-teman yang masih ragu dalam memakai hijab pun bisa mencari berbagai pilihan hijab yang sesuai. Dengan demikian penggunaan hijab tidak menjadi hal yang tabu di kalangan wanita muslim saat ini.

Namun apakah kamu tahu pengertian hijab sendiri itu apa ?. Menurut bahasa arab hijab adalah penghalang sedangkan hijab sendiri bisa disebut jilbab. Menurut buku 24 Gaya Hijab Syari karya Indri Adiani tahun 2014, hijab adalah pakaian dan bisa berupa berdiam di dalam rumah. Adapun Al Munawi dalam At Tauqif’ala Muhimmat At Ta’arif, 1/136) hijab adalah segala hal yang menutupi sesuat yang dituntut untuk ditutupi atau terlarang untuk menggapainya. Diantara penerapan makna hijab dimaknai dengan as sitr (penutup) yaitu menghalangi sesuatu agar tidak terlihat. Demikian juga al bawwab (pintu) disebut sebagai hijab karena menghalangi orang untuk masuk. Asal maknanya hijab adalah entitas yang menjadi penghalang antara dua entitas lain.

Sedangkan pengertian hijab dalam tata cara berpakaian wanita adalah pakaian yang pantas dan menutup aurat sesuai syariat agama. Batasan aurat sesuai syariat agama islam pada wanita mulai adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Setelah mengetahui pengertian hijab, apakah ada surat dalam alquran yang mewajibkan wanita untuk memakai hijab ?. Beberapa diantaranya surat yang menjelaskan tentang hijab adalah An Nur: 31, Al Ahzab 59 dan Al Ahzab 53. Berikut ini isi dari ayat-ayat tersebut.

An-Nur ayat 31 :

“Katakanlah kepada wanita yang beriman : hendaklah mereka menahan pandangannya dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung kedadanya dan perhiasannya. Janganlah menampakkan perhiasannya kecuali suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera suami mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka atau puter-putera saudara lelaki mereka atau putera-putera saudara perempuan mereka atau wanita-wanita islam atau budak-budak yang mereka miliki atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung”.

Al Ahzab ayat 59 :

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuamu dan isteri-isteri oran mukmin : “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal, Karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Al Ahzab ayat 53 :

“Apabila kamu meminta sesuat (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), mintalah dari belakang tabir (hijab).”.

 Selain karena menjalankan kewajiban agama, penggunaa hijab juga bisa memiliki beberapa manfaat seperti menjaga pandangan kaum yang bukan mahram, menutup aurat, terhindar dari godaan maupun gangguan sehingga menjadi pelindung bagi kaum wanita. Hal ini karena pandangan yang dilakukan oleh lawan jenis bisa menimbulkan fitnah maupun tindakan yang tidak diinginkan kepada kaum wanita. Banyaknya tindakan seperti pelecehan maupun pemerkosaan dan tindakan asusila lainnya bisa saja terjadi akibat kaum wanita belum mengetahui bagaimana cara menggunakan hijab yang baik dan benar. Keutamaan  dan manfaat dari menggunakan hijab sendiri menunjukkan bahwa kaum wanita itu berharga dan dilindungi dalam islam.

Pengertian dan manfaat menggunakan hijab pun sudah teman-teman ketahui. Dengan demikian cara memakai hijab yang baik dan benar adalah dengan cara menggunakan pakaian yang menutup aurat wanita kecuali wajah dan telapak tangan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah ilmu dan pengetahuan bagi anda para wanita yang belum memakai hijab. Semoga bisa mempraktekkan bagaimana cara memakai hijab sesuai dengan syariat islam. Selamat mencoba.