Pada postingan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai cara install windows 10. Memang windows 10 masih beberapa bulan yang lalu dirilis, akan tetapi sudah banyak orang yang ingin mencoba merakan memakain windows 10 di laptop maupun komputer mereka. Bagi anda yang ingin menginstall windows 10 sangatlah mudah, anda pertama –  tama harus mendownload windows 10 yang bisa anda dapatkan di beberapa website ternama dan kemudian anda hanya tinggal melakukan install ulang. Namun perlu anda ketahui bahwa lebih baik anda melakukan install ulang melalui flashdisk daripada harus melalui DVD atau upgrade secara online agar supaya proses intalasi yang anda lakukan bisa berjalan dengan sempurna tanpa ada gangguan sedikitpun. Baca cara ganti password wifi.

Berikut ini akan kami berikan cara install windows 10.

  • Membuat bootable windows

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuat bootable windows yang mana maksudnya adalah anda harus membuat installer untuk windows 10 ke dalam flashdisk maupun juga bisa DVD. Anda siapkan pertama kali flashdisk maupun DVD. Jangan lupa gunakan flashdisk yang memiliki kapasitas minimal 8 GB. Colokkan flashdisk tersebut ke laptop atau komputer anda dan kemudian masukkan windows 10 ke flashdisk anda melalui aplikasi seperti rufus.

  • Masuk Ke Menu BIOS

Cara install windows 10 yang kedua adalah dengan masuk ke BIOS yang mana anda harus menekan tombol hotkey seperti F2, F4, F12, F10, Del, maupun Del. Kenapa hal tersebut bisa berbeda? Karena memang hotkey default dari jenis BIOS akan berbeda antara jenis BIOS yang satu dengan lainnya. Jangan lupa anda harus menekan hotkey tersebut sesaat ketika anda merestart laptop atau komputer anda. Setelah masuk BIOS, anda pilih boot option/boot order dengan memilih flashdisk anda di urutan teratas dan kemudian disusul hardisk anda. Setelah selesai, anda tinggal save and exit.

bios

  • Memilih Bahasa

Pada tahap ini kamu sudah masuk ke instalasi windows 10, kamu tinggal pilih bahasa yang ingin kamu gunakan. Kamu bebas memilih antara menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris atau menggunakan bahasa yang lain.  Kemudian kelik Next dan selanjutnya langsung aja klikk Install Now.

  • Mengisi Serial Number

Apakah anda harus mengisi serial number? Tentu saja tidak. Yang harus anda lakukan adalah hanya dengan mengklik Skip aja jadi jangan panik.

  • Menu Upgrade / Custom 

Selanjutnya anda akan menemukan 2 model installasi, anda hanya perlu memilih yang custom dan nantinya anda akan otomatis masuk ke menu partisi hardisk.

  • Partisi Hardisk

Yang harus anda perhatikan adalah anda harus mengetahui dimana partisi C anda, jangan sampai anda salah memilih partisi hardist C tersebut karena nantinya data-data anda akan hilang. Setelah memilih drive C, kemudian windows akan otomatis melakukan format dan setelah selesai akan otomatis restart. Note: Setelah restart jangan sampai lupa mencabut flashdisknya biar nantinya tidak booting ke flashdisk lagi. Anda selanjutnya hanya tinggal menunggu sekitar kurang lebih 10 menit.

  • Masuk Ke Menu Serial Number (Lagi)

Setelah itu anda akan disuruh untuk mengisi serial number. Anda hanya perlu melewatinya saja seperti di awal tadi dengan memilih Do his later dan anda otomatis akan masuk ke menu settings. Tinggal pilih Use Express Settings saja agar anda tidak perlu ribet lagi. Tunggu sampai proses tersebut selesai.

Serial Number

  • Login Microsoft dan Membuat Nama Untuk PC

Anda kemudiana akan disuruh mengisi login menggunakan akun microsoft, tapi anda hanya perlu melewatinya saja. Setelah itu anda masuk ke menu Create User Accounts, anda hanya perlu mengisikan nama dan juga password (jika memang diperlukan). Dan langkah terakhir adalah dengan duduk manis karena proses installasi windows sudah selesai. Baca juga tentang cara internet gratis di android setiap hari.