Saat ini siapa sih yang tidak tahu permainan Dota 2, terlebih lagi untuk para gamers. Permainan dengan genre moba ini bahkan merupakan permainan paling populer di steam, sebelum digeser oleh PUBG tentunya. Dota 2 juga merupakan eSports yang menawarkan hadiah terbesar bila dibangindingkan dengan permainan eSports lain. Hal ini juga yang merupakan salah satu daya tarik dari permainan ini. Maka tak mengherankan bila banyak orang yang mencari cara download dota 2 termasuk kamu. Saat artikel ini ditulis, tercatat terdapat 500 ribu orang yang sedang memainkan dota 2 dari seluruh dunia.

Sebelum populer seperti sekarang ini, Dota 2 memiliki sejarah yang panjang dibaliknya. Awalnya dimuali dari dota atau dota 1 yang merupakan custom map dari permainan Warcraft III. Custom map itu lantas mendapatkan antusiasme dari pemain dan melambung tinggi. Sampai sampai Valve tertarik dengan permainan ini, mereka lantas mengajak IceFrog yang merupakan pembuat dota untuk mengembangkan Dota 2. Hasilnya? Seperti yang sekarang kita lihat, dota 2 merupakan sebuah kesuksesan yang besar bahkan menjadi pelopor genre permainan MOBA.

Cara Download Dota 2 Di Komputer

Cukup penjelasan singkat mengenai permainan dota 2, kamu pasti sudah tidak sabar untuk langusng memainkannya. Namun sebelum kita langsung memasuki langkah download & install dota 2, ada hal yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Hal hal tersebut sebagai berikut :

  • E-mail (Email ini akan digunakan untuk membuat akun steam).
  • Komputer / Laptop dengan spek yang mendukung.

Bila kamu belum memiliki email atau ingin membaut email baru, silahkan simak cara membuat email yang telah kami tulis. Jika kamu sudah memiliki email yang siap untuk didaftakan, kamu hanya harus memperhatikan spesifikasi komputer atau laptop yang digunakan. Berikut spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk dapat bermain Dota 2 dengan lancar di komputer ataupun laptop mu.

Minimum Requirements
  • CPU : Dual Core 2.8 GHz (Intel/AMD)
  • VGA : GeForce 8600GT / Radeon HD 2600
  • RAM : 4 GB
  • OS : Windows 7 64-bit
  • Direct X : DX9
  • HDD Space : 15GB
Setelah kamu telah menyiapkan kedua hal tersebut langsung saja kita bahas langkah langkahnya. Berikut langkah cara download dota 2 serta cara mengisntallnya sampai siap dimainkan :

Membuat akun steam

Pertama kamu harus membuat akun steam terlebih dahulu, bila kamu sudah memiliki akun steam maka kamu dapat melompati bagian ini.

Steam merupakan sebuah platform distribusi secara digital yang dibuat dan dikembangkan oleh Valve. Karena seperti yang sudah dikatakan diatas kalau Dota 2 dikembangkan oleh Valve maka untuk memainkannya kita harus menggunakan Steam.

Untuk membuat akun, kita langsung saja masuk ke website steam di http://store.steampowered.com/. Ketika memasuki halaman steam, langsung saja klik pilihan login yang terdapat pada bagian atas.

halaman steam

Selanjutnya akan muncul form login dan juga join. Jika kita belum memiliki akun steam maka langsung klik “join”. Setelah kamu klik join akan muncul form pendaftaran akun steam. Isi form tersebut dengan lengkap dan ingat ingat data yang telah kamu isi disitu. Setelah selesai langsung saja klik “continue”.

isi form register steam

Setelah kamu mengisi semua data dan mengklik continue maka email verifikasi akan dikirimkan ke email yang kamu daftarkan tadi. Cek email yang kamu daftarkan tadi dan lihat pesan dari steam, kemudian klik “create my account”.

verifikasi steam

Selamat, kamu sudah memiliki akun steam.

Install Steam Di Komputer

Bila kamu telah memiliki aplikasi steam di komputer atau laptop, kamu dapat melewati bagian ini.

Setelah memiliki akun, langkah berikutnya dalam cara download dota 2 adalah menginstall steam. Steam ini nantinya akan kita pakai untuk mendownload, menginstall serta menjalankan permainan dota 2.

Untuk menginstall aplikasi steam cukup mudah, kamu tinggal klik tombol “install steam” yang terdapat pada sebelah pilihan login. Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman download dan kamu tinggal pilih aplikasi steam sesuai dengan OS yang kamu gunakan. Namun saya yakin kalau 90% pembaca pasti menggunakan OS Windows, baik itu windows 7, 8 ataupun 10.

download steam

Setelah terdownload, kamu tinggal menginstall aplikasi steam seperti biasa. Sesudah terinstall, aplikasi tersebut akan melakukan update ke versi terbaru, tinggal tunggu saja proses update yang berjalan. Jika proses update telah selesai maka aplikasi steam siap untuk digunakan, kamu tinggal login dengan id yang telah kamu daftarkan.

login steam

Download & install dota 2

Setelah akun dan aplikasi steam siap, kita langsung saja membahas cara download dan install dota 2.

Sebenarnya cara install dota 2 cukup mudah. Pada aplikasi steam klik menu store, disitu kamu akan disuguhkan banyak pilihan permainan dari steam. Langsung menuju menu search dan cari DOTA 2. Setelah itu kamu tinggal menginstall dota 2 melalui steam dengan cara klik “Play Game”.

install dota 2

Kemudian kamu akan ditanya dimana file game ini akan disimpan. Lakukan penginstalan seperti biasa sampai selesai. Berikutnya steam akan mendownload game ini, kamu tinggal tungu hingga proses pengunduhan selesai.

download dota 2

Setelah selesai didownload kamu bisa langusng menjalankan game tersebut. Selamat, game Dota 2 mu telah siap untuk dimainkan.