Di era modern ini di dalam kehidupan sehari-hari hampir semua bidang tak luput dari bantuan internet. Internet dibutuhkan untuk berbagai keperluan mulai dari alat komunikasi, mendapatkan informasi, mendapatkan hiburan, menjalankan bisnis, dll. Internet dapat diakses menggunakan komputer, laptop, smartphone, dll. Saat ini hampir semua orang menggunakan handphone untuk mengakses internet, untuk dapat mengakses internet dari handphone tentunya akan membutuhkan paket data. Di Indonesia terdapat berbagai provider yang menyediakan layanan paket data internet mulai dari berapa banyak kuota hingga unlimited kuota. Sering kali kita terlalu asyik menggunakan internet hingga tak sadar berapa banyak kuota yang telah kita gunakan. Untuk itu agar terhindar dari keborosan penggunaan data dan juga mengetahui sisa kuota perlu lah kamu mengetahui bagaimana cara cek kuota. Berikut ini akan kami bahas mengenai cara cek kuota terlengkap berbagai macam provider , simak ulasannya dibawah ini!

1. Telkomsel

Untuk menghindari pemborosan penggunaan kuota maka Anda harus mengetahui cara cek kuota. Jika Anda menggunakan telkomsel maka untuk cek kuota dapat dilakukan dengan 3 cara diantaranya yaitu cek kuota melalui SMS, menu dial dan melalui MyTelkomsel.

  • Menu dial atau dial up hal yang harus dilakukan yaitu ketik *888# kemudian call setelah itu akan muncul informasi mengenai pulsa dan terdapat beberapa pilihan, diantara pilihan tersebut pada no 3 terdapat cek kuota maka pilih reply kemudian ketik 3 (cek kuota) setelah itu akan muncul pilihan lagi pilihlah 2 (cek kuota internet). Cara cek kuota melalui dial up pun selesai, akan muncul mengenai informasi kuota yang saat ini Anda miliki.
  • SMS , cara yang kedua untuk cek kuota dapat melalui SMS. Anda hanya perlu mengirim pesan kepada nomor operator 3636 dengan mengetik UL(spasi)INFO. Selain itu cara lainnya dengan mengetik Flash(Spasi)infov2 kirim ke nomor operator 3636.
  • MyTelkomsel, telkomsel telah mempunyai aplikasi yang dinamakan MyTelkomsel pada aplikasi ini Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti cek kuota, membeli kuota, dsb. Anda hanya perlu mendownloadnya di playstore atau pun app store setelah selesai download akan muncul sisa kuota Anda. Cara cek kuota dengan aplikasi merupakan cara cek kuota yang paling mudah.

2. XL

Cara cek kuota untuk provider XL dapat dilakukan dengan 3 cara diantaranya yaitu cek kuota melalui dial up, website XL dan melalui aplikasi.

  • Dial Up, untuk melakukan cek kuota melalui dial up Anda hanya perlu ketik *123# lalu tekan call, setelah itu akan muncul mengenai informasi pulsa yang tersisa dan akan terdapat berbagai pilihan reply 7 (PKT PROMO/ XL-INFO) lalu send. Setelah itu akan muncul berbagai pilihan reply  5(cek kuota) dan tekan send maka akan muncul pilihan paket yang akan Anda cek kuotanya. Pilih sesuai dengan kuota mana yang akan dicek.
  • my.xl.co.id cara yang kedua yaitu melalui situs resmi dari XL. Jika belum mempunyai akun maka registrasi terlebih dahulu dan login menggunakan akun MyXL setelah login akan muncul berbagai pilihan mengenai informasi kartu termasuk informasi kuota yang Anda miliki.
  • MyXL cara yang ketiga menggunakan aplikasi MyXL, download terlebih dahulu jika belum mempunyai aplikasi MyXL setelah selesai download buka aplikasi MyXL dan pilihlah cek kuota.

3. Indosat

Sama halnya dengan provider lainnya cara cek kuota untuk Indosat dapat dilakukan melalui dial up, SMS, aplikasi MyIM3 dan juga melalui situs resmi dari Indosat.

  • Dial up untuk melakukan cek kuota dengan dial up ketik *363# kemudian tekan call dan akan muncul berbagai pilihan reply dengan mengetik 2 (Internet/Nelp/SMS/BB). Lalu akan muncul pilihan selanjutnya reply dengan 8 (status&info) dan terakhir reply dengan 1 (cek kuota). Maka Anda pun akan mengetahui sisa kuota yang akan digunakan.
  • Aplikasi MyIM3, hal pertama download terlebih dahulu aplikasi tersebut pada play store ataupun app store kemudian login. Jika belum mempunyai akun maka registrasi terlebih dahulu, apabila telah login maka halaman utama akan menunjukkan sisa kuota kartu Anda.
  • mycare.indosatooredoo.com kunjungi situs tersebut kemudian login atau registrasi terlebih dahulu. Setelah itu akan muncul mengenai informasi kartu Anda termasuk sisa kuota.

4. Tri

cara cek kuota terlengkap berbagai macam provider

Cara cek kuota untuk provider tri sama halnya dengan cara cek kuota provider lainnya dapat dilakukan melalui dial up, aplikasi bima tri dan juga melalui website.

  • Dial up langkah pertama yaitu ketik *111# kemudian reply dengan 4 (cek kuota) selanjutnya reply 2(kuota data) kemudian reply dengan ketik 1(cek kuota) dan terakhir akan muncul berbagai jenis kuota pilihlah berdasarkan layanan kuota yang sedang digunakan. Maka akan muncul informasi kuota. Selain melalu dial up dapat melakukan cek melalui SMS caranya cukup mudah yaitu ketik info(spasi) data kirim ke 234.
  • Aplikasi Bima Tri, download terlebih dahulu bima TRI pada app store ataupun play store kemudian setelah selesai download buka aplikasi tersebut maka akan muncul informasi mengenai kuota. Selain cek kuota pada aplikasi bima TRI juga dapat melakukan transaksi isi ulang pulsa dan membeli paket kuota tri.

5. Axis

Axis merupakan layanan telekomunikasi yang disediakan oleh perusahaan XL Axiata. Untuk cek kuota provider axis maka dapat dilakukan melalui aplikasi dan juga dial up. Melalui dial up yaitu ketik *123# kemudian tekan call dan reply 7 (MyInfo) setelah itu akan muncul berbagai pilihan dan reply dengan ketik 3(cek kuota) setelah itu pilihlah paket yang sedang ada gunakan klik send. Tunggu beberapa menit maka akan terkirim SMS mengenai informasi kuota. Selain melalui dial up yaitu menggunakan aplikasi yang dapat diunduh pada google play ataupun app store, nama aplikasinya yaitu Axis Net.

6. Smartfren

Cara cek kuota smartfren secara manual dapat dilakukan dengan 3 cara diantarnaya yaitu SMS, melalui dial up dan menghubungi operator. Sedangkan jika akan cek kuota otomatis dapat mengunduh aplikasi smartfren. Cara cek kuota secara manual SMS yaitu dengan mengetik CEK kirim ke 995. Sedangkan jika akan melakukan cek kuota dengan dial up hubungi *123# reply 7 (cek kuota) dan yang terakhir melalui telpon operator *995 kemudian akan ada informasi mengenai sisa kuota internet yang sedang dimiliki. Selain cara manual cek kuota dapat dilakukan melalui cara otomatis dengan mengunduh aplikasi My smartfren, berbeda dengan provider lainnya pada palikasi mysmartfren ini tidak perlu login karena akan otomatis masuk pada menu halaman utama aplikasi yang memberikan informasi mengenai pulsa dan juga kuota internet yang dimiliki.

Nah itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk cek kuota pada berbagai macam provider. Pada umumnya cek kuota dilakukan melalui dial up, aplikasi dan juga situs resmi provider tersebut. Sekian pembahasan mengenai cara cek kuota terlengkap berbagai macam provider, semoga artikel ini bermanfaat.