cara agar subur dan menghitung masa subur

Kehamilan merupakan impian bagi setiap wanita yang sudah menikah. Untuk mewujudkannya setiap wanita harus mengetahui masa suburnya. Berbagai cara kontrasepsi tidak dapat mengontrol program kehamilan. Salah satu cara untuk mengetahui kapan waktu terbaik agar mudah hamil dan kapan waktu terbaik untuk menghindari kehamilan yaitu mengetahui masa subur dan masa tidak subur wanita. Masa subur adalah proses pelepasan sel telur yang siap dibuahi ke tuba falopi oleh ovarium, pada saat ovum bertemu dengan sperma maka akan terjadilah kehamilan. Masa subur wanita dipengaruhi oleh siklus haid sehingga masa subur setiap orang tentunya akan berbeda-beda. Pada umumnya masa subur wanita yaitu 12 hingga 16 hari sebelum memasuki menstruasi dengan kata lain hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah menstruasi hari pertama. Masa subur tersebut berlaku untuk wanita yang mempunyai siklus haid teratur, berbeda halnya dengan wanita yang mempunyai siklus haid tidak teratur. Oleh karena itu sebagai wanita haruslah mengetahui kapan masa subur dirinya. Berikut ini pembahasan mengenai cara agar subur dan menghitung masa subur, simak pembahasannya dibawah ini.

Cara Agar Subur

1. Mengetahui masa subur

Cara pertama agar subur yaitu mengetahui kapan waktu masa subur. Waktu terbaik agar wanita dapat hamil yaitu pada saat ovulasi. Oleh karena itu haruslah wanita mencatat tanggal mestruasinya 3 bulan terakhir atau 3 bulan terus menerus sehingga Anda akan mengetahui masa subur. Masa subur setiap wanita tentunya berbeda-beda karena masa subur dipengaruhi oleh siklus haid seseorang, untuk itu Anda harus menghitung masa subur.

2. Mengatur pola makan

Selain mengetahui masa subur cara agar subur yang kedua yaitu mengatur pola makan. Makanan sangat mempengaruhi tingkat kesuburan wanita, konsumsilah makanan yang sehat dan bernutrisi. Beberapa makanan yang dipercaya dapat membantu proses kehamilan yaitu makanan kaya akan serat, makanan yang mengandung antioksidan, mengandung asam folat. Makanan yang mengandung asam folat mempunyai manfaat meningkatkan fungsi dari sistem produksi. Beberapa contoh makanan yang dapat membantu proses kehamilan yaitu kacang, kedelai, kentang, kubis, asparagus, kuning telur, brokoli, kecambah brussel, dll.

3. Mempunyai berat badan yang ideal

Cara yang ketiga agar subur yaitu mempunyai berat badan yang ideal. Berat badan yang ideal akan mempermudah proses kehamilan. Jika Anda mempunyai berat badan yang berlebihan atau justru kekurangan maka peluang proses pembuahan akan sangat rendah. Untuk itu jika Anda mempunyai berat badan yang berlebihan konsultasikan pada dokter bagaimana cara mendapatkan badan yang ideal. Pilihlah diet yang sehat dan tidak merugikan tubuh.

4. Hindari stress

Selain pola makan rupanya gaya hidup pun akan mempengaruhi kesuburan Anda. Salah satu faktor yang dapat menghambat kesuburan yaitu stres. Untuk itu jika Anda mengalami tekanan dari pekerjaan atau pun lingkungan lainnya maka segera kontrol tekanan tersebut jangan sampai menyebabkan stres. Jika Anda merasa stres lakukan berbagai cara agar tubuh menjadi lebih rileks seperti berolahraga dan juga yoga.

Cara Menghitung Masa Subur

Salah satu cara agar subur yaitu harus mengetahui masa subur. Oleh karena itu berikut ini cara menghitung masa subur untuk wanita yang mempunyai siklus haid teratur dan juga siklus haid tidak teratur. Berikut ini cara menghitung masa subur diantaranya yaitu :

1. Mengitung masa subur untuk siklus haid teratur

Cara yang dilakukan untuk menghitung masa subur dapat dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan kalkulator kehamilan online dan cara manual. Cara menghitung masa subur dihitung sejak hari pertama wanita menstruasi tepatnya pada saat sel terlur mengalami pelepasan dari ovarium. Wanita mengalami masa subur pada hari ke 10-17 pada waktu setelah hari pertama mestruasi. Untuk menghitung masa subur dengan siklus haid teratur sangatlah mudah caranya yaitu catat hari pertama Anda menstruasi di bulan selanjutnya kemudian dikurangi dengan 14. Untuk lebih mempermudah berikut ini contoh cara menghitung masa subur siklus haid teratur.

Contoh :

Misalkan hari pertama menstruasi A yaitu pada tanggal 11 Maret. Pada umumnya siklus haid teratur akan terjadi 28 hari sekali maka menstruasi di bulan berikutnya yaitu 11 Maret + 28 hari = 8 April. Maka mestruasi A di bulan selanjutnya akan terjadi di tanggal 8 April. Untuk menghitung masa subur maka kurangi 14 hari yaitu 8 April – 14 hari = 24 Maret. Kesimpulannya yaitu masa subur wanita itu dimulai dari tanggal 24 Maret.

2. Menghitung masa subur untuk siklus haid tidak teratur

Masa subur dipengaruhi oleh siklus haid oleh karena itu masa subur siklus haid teratur dan tidak teratur tentunya berbeda. Cara menghitung masa subur untuk siklus haid tidak teratur sedikit lebih rumit dibandingkan siklus haid teratur, cara menghitungnya yaitu catat waktu menstruasi Anda selama 6 bulan terakhir. Kemudian perhatikan hari pertama Anda menstruasi dengan hari pertama menstruasi di bulan selanjutnya. Tuliskan dengan cermat tanggal hari pertama menstruasi dalam 6 bulan terakhir pastikan untuk mencatatnya dengan benar. Setelah mencatat hari pertama haid di 6 bulan terakhir catatlah siklus haid terpendek dan diklus haid terpanjang. Kemudian Anda dapat menghitung masa suburnya, berikut ini contoh menghitung masa subur dengan siklus haid tidak teratur.

Contoh :

Seorang wanita bernama A mempunyai siklus haid 6 bulan terakhir yaitu 31 hari, 30 hari, 30 hari, 29 hari dan 27 hari. Setelah mencatat siklus haid 6 bulan terakhir maka diketahui siklus haid terpendek yaitu 27 hari dan siklus haid terpanjang yaitu 31 hari. Cara menghitungnya yaitu siklus terpendek dikurangi dengan 18 maka 27 hari – 18 hari = 9 hari. Kesimpulannya yaitu maka masa subur Anda terhitung hari pertama mentruasi di bulan selanjutnya dikurangi 9 hari. Menghitung masa subur siklus haid tidak teratur dapat dilakukan menggunakan siklus terpanjang caranya yaitu siklus terpanjang 31 hari – 11 hari = 20 hari maka masa subur Anda yaitu 20 hari terakhir setelah hari pertama Anda menstruasi.

Selain melakukan penghitungan manual untuk menghitung masa subur Anda dapat melakukannya dengan cara menggunakan alat tes masa subur. Anda dapat membeli alat tes masa subur di apotik cara penggunaannya hampir sama dengan menggunakan alat tes pack. Cara menggunakannya yaitu arahkan bagian ujung alat penghitung masa subur pada urine kemudian tunggu beberapa menit lihatlah hasilnya. Dengan mengetahui masa subur maka Anda dapat mudah merencanakan program kehamilan. Selain itu dengan menghitung masa subur maka Anda dapat mengetahui siklus haid Anda teratur atau tidak, karena siklus haid tidak teratur bisa saja gejala dari adanya gangguan organ reproduksi. Sekian pembahasan mengenai cara agar subur dan menghitung masa subur, semoga artikel ini bermanfaat.