Mungkin Anda sangat ingin hamil saat ini atau mungkin Anda berharap bisa melahirkan pada waktu tertentu dalam tahun ini. Namun sudahkah anda mempersiapkan segalanya? Termasuk apa saj yang harus anda lakukan agar bisa cepat mendapatkan momongan? Berikut adalah lima cara untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil dengan cepat serta beberapa panduan tentang kapan harus khawatir tentang kemungkinan masalah kesuburan.

1. Temui penyedia layanan kesehatan Anda

Anda lebih mungkin mengalami kehamilan yang sukses saat tubuh Anda memenuhi kewajiban dan tugasnya. Lakukan dasar awal untuk merencanakan kehamilan yang sehat dengan menjadwalkan pemeriksaan pra konsepsi dengan dokter atau bidan untuk mengetahui apakah Anda dalam waktu terbaik dan untuk mengetahui perubahan apa saja yang mungkin bisa membantu. Anda mungkin tidak dapat mengatasi masalah kesehatan dengan segera, namun mengambil langkah-langkah ini sesegera mungkin bisa membantu mempersiapkan kehamilan yang sehat.

2. Merencanakan kehamilan yang sehat

Mulailah mengkonsumsi asam folat setidaknya satu bulan sebelum Anda mulai mencoba untuk hamil. Nutrisi ini dapat secara dramatis mengurangi risiko cacat lahir tertentu. Saran bagus lainnya yang dapat membantu Anda mengandung bayi yang sehat: buang kebiasaan tidak sehat (seperti minum, merokok, atau menggunakan narkoba), dapatkan berat badan yang sehat, dan batasi asupan kafein Anda hingga kurang dari 300 miligram per hari (sekitar 16 ons kopi). Cari tahu apa lagi yang bisa Anda lakukan sebelumnya untuk memberi bayi Anda awal yang sehat .

3. Cari tahu Kapan Anda berovulasi

Kunci untuk hamil cepat adalah mencari tahu kapan Anda akan berovulasi , atau melepaskan telur dari indung telur Anda. Anda berovulasi hanya sekali setiap siklus haid. Jika Anda tahu kapan Anda akan berovulasi, Anda dan pasangan bisa melakukan hubungan intim untuk mendapatkan kesempatan terbaik untuk hamil dalam siklus itu. Anda bisa menggunakan beberapa metode berbeda untuk menentukan kapan Anda berovulasi. (Jika Anda memiliki menstruasi yang tidak teratur , menunjukkan ovulasi bisa menjadi sulit. Mintalah saran dari penyedia layanan kesahatan Anda)

4. Berhubungan seks pada waktu yang tepat

Begitu Anda tahu kapa waktu Anda untuk ovulasi, rencanakan untuk melakukan hubungan seks selama masa Anda yang paling subur , yaitu dua sampai tiga hari sebelum ovulasi melalui hari Anda berovulasi. Jika Anda tidak yakin kapan masa subur Anda, lakukan seks setiap hari atau setiap hari selama minggu kedua dan ketiga siklus Anda. Dengan cara itu Anda cenderung memiliki sperma sehat di tuba falopi Anda setiap kali tubuh Anda melepaskan sel telur.

Tip lain: Jika Anda dan pasangan Anda sedang menunggu untuk berhubungan seks sampai masa subur Anda, pastikan Anda belum melewati masa kering yang terlalu lama. Pasangan Anda harus ejakulasi setidaknya sekali dalam hari-hari sebelum masa subur Anda. Jika tidak, mungkin ada penumpukan sperma mati dalam air maninya.

(Catatan: Banyak pelumas vagina , termasuk produk yang dibeli di toko dan juga versi buatan sendiri seperti minyak zaitun, dapat memperlambat sperma. Jika Anda ingin menggunakannya, mintalah penyedia Anda untuk merekomendasikan satu alternatif meningkatkan kesuburan yang aman)

5. Berikan dorongan sperma

Sperma yang kuat dan sehat memiliki kesempatan terbaik untuk membuahi sel telur. Pasangan Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mencoba memperbaiki kesuburannya:

  • Hindari tembakau dan narkoba.
  • Batasi minuman beralkohol hingga tidak lebih dari tiga hari.
  • Dapatkan berat badan yang sehat jika kelebihan berat badan secara signifikan.
  • Dapatkan cukup nutrisi penting seperti seng, asam folat, dan vitamin C  yang membantu menghasilkan sperma yang kuat dan berlimpah.
  • Jangan menggunakan bak air panas dan sauna atau mandi air panas karena panas membunuh sperma. (Testis berfungsi paling baik pada 94 sampai 96 derajat Fahrenheit, beberapa derajat lebih dingin dari suhu tubuh normal)
  • Semakin cepat pasangan Anda membuat perubahan ini, semakin baik: Sperma memerlukan waktu untuk dewasa, jadi setiap perbaikan sekarang akan menghasilkan spesimen sperma yang lebih baik dalam waktu sekitar tiga bulan.

Berapa lama waktu untuk mencoba sebelum mendapatkan bantuan?

Jika Anda lebih muda dari 35 dan belum hamil setelah mencoba selama setahun, saatnya untuk menemui spesialis kesuburan . Jika Anda berusia 35 tahun atau lebih, bicaralah dengan dokter spesialis setelah Anda mencoba enam bulan tanpa hasil. Tentu saja, jika Anda tahu ada alasan mengapa Anda atau pasangan Anda cenderung memiliki masalah kesuburan, ada baiknya Anda menemui spesialis bahkan sebelum Anda mulai mencoba.

Baca juga : cara membesarkan alat vital pria dengan tangan