Kulit wajah adalah bagian kulit yang sangat sensitif dan rentan mengalami gangguan. Salah satu gangguan kulit wajah yang sering dialami hampir semua orang adalah komedo. Komedo terjadi akibat produksi minyak pada wajah yang berlebihan, lalu tercampur debu dan kotoran yang akhirnya menyumbat pori-pori. Komedo ini jika dibiarkan terus menerus dapat memicu pertumbuhan jerawat. Karena itulah menghilangkan komedo sangat penting untuk kesehatan kulit.

Umumnya orang menghilangkan komedo dengan cara memencet atau menekan permukaan kulit sehingga komedo bisa keluar dengan sendirinya. Namun cara seperti ini ternyata tidak dianjurkan, karena pori-pori kulit justru akan semakin terbuka dan membesar sehingga muncul masalah kulit yang lain.

Lalu adakah cara menghilangkan komedo sendiri di rumah tanpa harus ke salon kecantikan? Tentu saja ada. Berikut ini 7 cara ampuh menghilangkan komedo dengan cepat yang bisa Anda coba.

1. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat bagus untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Jeruk nipis juga dapat membantu menghilangkan komedo yang membandel di permukaan kulit wajah. Caranya, potong jeruk nipis menjadi setengah bagian. Lalu gosokkan ke permukaan kulit secara merata. Lakukan secara teratur hingga komedo menghilang dengan sendirinya.

2. Menggunakan Pasta Gigi Campur Garam

Tahukah Anda, selain dapat digunakan untuk merawat gigi agar cemerlang, pasta gigi ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo dengan cepat. Caranya sangat mudah.

Pertama, bersihkan dulu wajah dengan air hangat. Kemudian campur pasta gigi dengan garam secukupnya lalu aduk hingga merata. Oleskan pada permukaan wajah berkomedo secara perlahan. Diamkan selama 10 – 15 menit. Lalu bilas wajah dengan air dingin hingga bersih. Lakukan perawatan 2 atau 3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

3. Menggunakan Madu

Sejak jaman dulu madu memang dikenal sangat berkhasiat untuk menjaga kecantikan kulit. Madu bahkan selalu menjadi bahan campuran produk-produk kecantikan untuk menghaluskan dan merawat kulit tubuh atau wajah, termasuk menghilangkan komedo secara permanen salah satunya.

Caranya, bersihkan wajah dengan air hangat terlebih dahulu. Lalu oleskan madu murni pada wajah secara merata terutama pada bagian hidung. Diamkan selama 15 menit hingga mengering dengan sendirinya, lalu bilas wajah dengan air hangat hingga benar-benar bersih.

4. Menggunakan Putih Telur

Putih telur kaya akan kandungan protein dan dipercaya dapat menghilangkan jerawat sekaligus menghaluskan kulit. Putih telur ternyata juga ampuh untuk menghilangkan komedo secara cepat dan permanen.

Caranya juga cukup mudah. Pecahkan satu butir telur dan ambil bagian putihnya saja. Oleskan pada kulit wajah yang berkomedo hingga merata, diamkan selama 10 – 15 menit. Lalu bilas wajah hingga bersih dan tidak lengket. Lakukan perawatan ini sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

5. Menggunakan Es Batu

Komedo muncul akibat pori-pori yang membesar dan memproduksi minyak berlebihan. Penggunaan es batu pada kulit terbukti dapat mengecilkan pori-pori sehingga mencegah masalah komedo yang mengganggu.

Caranya, bersihkan dulu wajah Anda menggunakan sabun khusus wajah. Lalu ambil es batu berukuran kecil dan usap-usapkan ke seluruh kulit wajah terutama yang berkomedo. Lakukan perawatan seperti ini sehari sekali hingga pori-pori mengecil dan komedo hilang permanen.

6. Menggunakan Uap Air Panas / SAUNA

Salah satu cara ampuh menghilangkan komedo dengan cepat adalah menggunakan uap air panas. Mungkin cara ini terdengar unik, namun banyak yang sudah mencoba dan hasilnya komedo hilang permanen. Uap air panas diyakini dapat membuka pori-pori sekaligus membersihkan wajah dari bakteri penyebab komedo.

Caranya, didihkan air lalu tuang ke dalam sebuah wadah atau baskom. Dekatkan wajah pada baskom hingga uap air mengenai seluruh wajah Anda. Pijat perlahan-lahan kulit wajah terutama pada daerah yang berkomedo hingga komedo keluar dari pori-pori. Lakukan dengan rutin setiap hari agar hasilnya menjadi maksimal.

7. Menggunakan Baking Soda

Siapa sangka baking soda yang dikenal sebagai salah satu bahan pembuat kue atau makanan bisa digunakan untuk menghilangkan komedo di wajah? Baking soda mengandung zat yang bersifat eksfolian, yang berfungsi mengikis kulit mati serta membersihkan pori-pori wajah.

Caranya, ambil satu sendok makan baking soda yang dicampur dengan dua sendok makan air hangat. Aduk campuran hingga merata. Oleskan pada kulit wajah sambil dipijat perlahan. Diamkan selama 4 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Tidak dianjurkan untuk melakukan perawatan ini terlalu sering, cukup seminggu sekali. Karena perawatan menggunakan baking soda yang terlalu sering akan membuat kulit wajah Anda menjadi kering.

Nah, itu dia 7 cara ampuh menghilangkan komedo dengan cepat yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Bahan-bahannya cukup mudah ditemukan dan sering kita lihat sehingga tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Yang terpenting adalah kesabaran dalam melakukan proses dan menunggu hasilnya, karena perawatan tidak bisa instant. Selalu butuh waktu hingga tercapai hasil yang diharapkan.

Semoga bermanfaat!