5+ Cara Mengecilkan Ukuran File JPG

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan ukuran file JPG. Namun, artikel ini akan membahas enam cara yang umum digunakan:

  1. Adobe Photoshop
  2. Microsoft Paint
  3. Photo & Picture Resizer
  4. Photo Compress & Resize
  5. iLoveIMG
  6. TinyJPG

Jangan khawatir, karena keenam cara tersebut tidak akan memunculkan distorsi pada gambar Anda. Artikel ini akan memandu Anda agar untuk mempertahankan kualitas file JPG yang dihasilkan.

Cara Mengecilkan Ukuran File JPG dengan Aplikasi Komputer

Banyak aplikasi komputer yang memiliki fitur untuk compress JPG. Akan tetapi, kami akan membahas dua opsi yang kemungkinan besar ada di dalam perangkat komputer Anda, yaitu Adobe Photoshop dan Microsoft Paint.

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi unggulan untuk mengedit foto dan membuat desain grafis. Sayangnya, kebanyakan orang awam menganggap aplikasi ini sebagai tool yang susah digunakan — bahkan untuk melakukan hal-hal sepele seperti mengecilkan ukuran file JPG. Namun, sebenarnya caranya sangat mudah.

Setelah menjalankan Adobe Photoshop, klik File >> Open untuk membuka file gambar yang ingin Anda kecilkan ukurannya.

Langkah pertama cara mengecilkan ukuran file JPG dengan Photoshop

Lalu, buka menu File lagi. Namun, kali ini klik Export >> Save for Web. Setelah ini akan muncul pop-up window.

Langkah kedua cara mengecilkan ukuran file JPG dengan Photoshop

Pada pop-up window tersebut memang terdapat banyak pengaturan yang terlihat rumit. Akan tetapi, Anda hanya perlu memperhatikan tiga hal: Preset, Quality, dan Image Size. Lokasi dari ketiga pengaturan tersebut ditandai dengan kotak merah pada tangkap layar di bawah ini.

Langkah ketiga cara mengecilkan ukuran file JPG dengan Photoshop

Pertama, pastikan Preset yang Anda gunakan adalah “JPG Medium” dengan Quality medium. Lalu, Anda dapat mengatur Image Size atau dimensi gambar sesuai dengan kebutuhan. Pada panduan ini, kami mengurangi dimensinya menjadi 1920 x 1282. Jika sudah, klik tombol Save dan simpan di folder yang diinginkan.

Sebenarnya, Anda dapat melihat estimasi ukuran file sebelum menyimpan gambar yang ingin dikecilkan. Estimasi tersebut bisa Anda lihat di bawah preview gambar seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Langkah keempat cara mengecilkan ukuran file JPG dengan Photoshop

Perlu diingat bahwa panduan ini menggunakan Adobe Photoshop CC 2019. Untuk versi Photoshop sebelum CC 2015, menu Save for Web bisa langsung Anda temukan setelah klik menu File.

2. Microsoft Paint

Microsoft Paint adalah aplikasi bawaan di setiap perangkat Windows. Jika Anda menggunakan sistem operasi tersebut, aplikasi ini bisa jadi alternatif utama selain Photoshop untuk mengecilkan file JPG.

Untuk memulai, klik File >> Open dan pilih file JPG yang diinginkan.

Langkah pertama cara mengecilkan ukuran file JPG dengan Paint

Kemudian, klik tombol Resize yang ditunjuk tanda panah merah pada tangkap layar berikut ini.

Langkah kedua cara mengecilkan ukuran file JPG dengan Paint

Seperti yang dilakukan di Photoshop tadi, Anda hanya perlu mengurangi dimensi gambar sesuai keinginan. Jika sudah, klik OK.

Langkah ketigacara mengecilkan ukuran file JPG dengan Paint

Langkah terakhir adalah menyimpan file ini. Klik File >> Save as >> JPEG Picture. Sangat mudah, bukan?

Langkah keempat cara mengecilkan ukuran file JPG dengan Paint

Cara Mengecilkan Ukuran File JPG dengan Aplikasi Android

Jika sedang tidak membawa laptop atau berada di dekat komputer, Anda tetap dapat memperkecil ukuran file JPG dengan aplikasi di perangkat Android. Ada beberapa pilihan yang dapat digunakan, tetapi dalam artikel ini kami membahas dua opsi yang memiliki banyak pengguna, yaitu Photo & Picture Resizer dan Photo Compress & Resize.

3. Photo & Picture Resizer

Photo & Picture Resizer adalah aplikasi untuk memperkecil ukuran file JPG yang cukup sederhana. Setelah membukanya, Anda dihadapkan pada beberapa pilihan seperti yang dapat dilihat di bawah ini.

Langkah pertama cara mengecilkan ukuran file JPG dengan Photo & Picture Resizer

Dari beberapa pilihan tersebut, pilih Select photos untuk membuka file gambar yang diinginkan. Berikutnya, klik tombol yang ditandai dengan kotak merah berikut ini untuk mengecilkan gambar tersebut.

Langkah kedua cara mengecilkan ukuran file JPG dengan Photo & Picture Resizer

Anda dapat memilih dimensi gambar yang tertera pada daftar tersebut. Namun, kami memilih ukuran Custom agar dapat memasukkan dimensi yang telah digunakan pada kedua aplikasi sebelumnya, yaitu 1920 x 1282.

Langkah ketiga cara mengecilkan ukuran file JPG dengan Photo & Picture Resizer

Setelah Anda memilih dimensi yang diinginkan, file gambar yang telah diubah ukurannya otomatis tersimpan di dalam perangkat Android Anda.

4. Photo Compress & Resize

Aplikasi Android lain yang dapat digunakan untuk memperkecil ukuran file JPG adalah Photo Compress & Resize. Fungsi aplikasi ini juga sederhana, yaitu hanya untuk mengecilkan dan memotong file JPG.

Akan tetapi, ada dua istilah yang mungkin membingungkan bagi beberapa pengguna dalam aplikasi ini, yaitu compress dan resize. Agar Anda paham, kami akan menjelaskannya pada bagian ini.

Pada dasarnya, kedua istilah tersebut memiliki arti yang sama. Perbedaannya terletak pada perlakuan Anda terhadap dimensi gambar.

Ketika melakukan compress terhadap sebuah file JPG, Anda hanya mengurangi ukuran file tanpa mengurangi dimensi gambar tersebut. Namun, Anda perlu mempertimbangkan kualitas gambar yang dihasilkan dari proses ini. Kompresi gambar dapat dilakukan berulang kali, tetapi Anda perlu berhenti ketika muncul distorsi pada gambar tersebut.

Di sisi lain, resize berarti mengubah dimensi gambar — yang juga akan mengubah ukuran filenya. Beberapa aplikasi yang berfungsi untuk mengecilkan ukuran file JPG juga memperbolehkan compress otomatis ketika penggunanya melakukan resize.

Nah, aplikasi Photo Compress & Resize menawarkan dua opsi tersebut, seperti yang bisa dilihat pada tangkap layar berikut.

Langkah pertama cara mengecilkan ukuran file JPG dengan Photo Compress & Resize

Apabila memilih compress, Anda akan dihadapkan pada pengaturan di bawah ini.

Langkah kedua cara mengecilkan ukuran file JPG dengan Photo Compress & Resize

Anda tinggal menentukan ukuran file atau kualitas gambar yang diinginkan. Untuk memastikan bahwa dimensi gambar tidak berubah, Anda bisa klik slider yang ada di sebelah kanan teks “Maintain Resolution”. Jika sudah, klik tombol Start Compressing. File yang ukurannya sudah dikurangi akan langsung tersimpan.

Lain halnya pada opsi resize, Anda dapat menentukan dimensi gambar dan melakukan kompresi secara bersamaan.

Langkah ketiga cara mengecilkan ukuran file JPG dengan Photo Compress & Resize

Cara Mengecilkan Ukuran File JPG Online

Tanpa memiliki aplikasi-aplikasi di atas pun, Anda juga bisa menggunakan cara mengecilkan ukuran file JPG online. Ada beberapa tool yang dapat Anda gunakan, termasuk iLoveIMG dan TinyJPG. Kabar baiknya, kedua tool tersebut bisa diakses baik melalui komputer maupun perangkat mobile.

5. iLoveIMG

Seperti yang dapat Anda lihat di bawah, iLoveIMG menawarkan beragam tool untuk mengedit gambar, termasuk compress dan resize.

Langkah pertama cara mengecilkan ukuran file JPG dengan iLoveIMG

Untuk panduan ini, kami akan mengkompres sebuah gambar. Langkah pertama adalah memilih file yang ingin dikecilkan. Anda dapat melakukannya dengan klik tombol Select Images. Perlu diingat bahwa Anda dapat mengkompres sejumlah file bersamaan dengan iLoveIMG.

Langkah kedua cara mengecilkan ukuran file JPG dengan iLoveIMG

Setelah itu, tinggal klik Compress Images. File gambar Anda akan langsung diunduh ke komputer atau smartphone setelah prosesnya selesai.

Langkah ketiga cara mengecilkan ukuran file JPG dengan iLoveIMG

6. TinyJPG

Selain iLoveIMG, Anda dapat menggunakan TinyJPG sebagai alternatif. Tool online ini sangat sederhana — Anda hanya perlu mengunggah gambar yang ukuran filenya ingin dikecilkan.

Klik pada area yang ditunjuk anak panah di contoh berikut ini untuk memilih file gambar Anda. Seperti iLoveIMG, Anda juga dapat mengkompres lebih dari satu gambar dengan satu klik dengan tool ini.

Langkah pertama cara mengecilkan ukuran file JPG dengan tinyjpg

Proses kompresi akan berjalan secara otomatis dan Anda bisa mengunduh hasilnya dengan klik tombol download yang ditandai dengan kotak merah di gambar berikut.

Langkah kedua cara mengecilkan ukuran file JPG dengan tinyjpg